Jakarta () – Setelah 2 tahun sebelumnya jumlah libur dan cuti bersama Lebaran selalu mengalami pengurangan akibat pembatasan mobilitas selama pandemi, kini pemerintah mengumumkan cuti bersama Lebaran yang lebih panjang, yaitu total 1 minggu sejak 29 April – 6 Mei 2022. 

Sebagian orang berpendapat, antusiasme masyarakat akan tinggi untuk kembali melakukan traveling dan mudik ke kampung halaman. Tetapi, momentum Lebaran tahun bisa berpotensi membuat pundi-pundi jebol jika tidak diiringi dengan langkah cermat mengatur keuangan.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, agar hal ini tak terjadi maka masyarakat perlu untuk tetap bijak mengelola pengeluarannya, termasuk ketika momentum mudik Lebaran nanti.

“Di tengah kondisi ekonomi yang masih dalam tahap pemulihan ini, masyarakat juga perlu untuk tetap bijak mengelola pengeluarannya, termasuk ketika momentum mudik Lebaran nanti," kata dia melalui siaran persnya, Kamis.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi smart traveler saat momentum libur Lebaran agar tidak boncos, seperti dikutip dari siaran pers BNI:

1. Cermat anggarkan budget khusus

Guna menjaga arus keuangan tetap stabil, Anda perlu membuat anggaran khusus selama perjalanan, mulai dari transportasi, akomodasi, biaya makan, hingga oleh-oleh.

Berhubung masih ada waktu cukup panjang sebelum Lebaran, Anda bisa mulai menyisihkan budget dari beberapa pos keuangan, selain THR. Dengan demikian, THR yang Anda dapatkan masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau bahkan ditabung

2. Pintar memburu promo demi cuan yang lebih aman

Kemudahan akses keuangan yang lebih fleksibel dengan berbagai manfaat menarik bisa menjadi solusi bagi Anda yang punya anggaran terbatas.

3. Oleh-oleh bukan hal wajib, jangan dipaksakan

Sudah lama tidak mudik ke kampung halaman bisa jadi membuat Anda impulsif untuk membeli banyak cinderamata untuk dibagikan ke tetangga atau rekan kerja. Hal ini patut untuk diwaspadai karena akan membuat pengeluaran traveling kamu membengkak. Kalaupun perlu membeli sedikit untuk kenang-kenangan, perhatikan lokasi oleh-oleh, biasanya pasar tradisional atau tempat yang jauh dari lokasi wisata akan menawarkan barang dengan harga lebih murah.

4. Eksplorasi tempat wisata dengan harga terjangkau

Memboyong sanak keluarga untuk mengunjungi objek wisata sudah menjadi agenda wajib setiap libur Lebaran. Memilih wisata alternatif yang tidak mematok tiket mahal atau bahkan gratis, bisa dipertimbangkan. Hal ini akan turut menghemat budget Anda.

5. Hobi yang bikin cuan

Bagi Anda hobi memotret dan ingin berburu tambahan cuan untuk libur lebaran, saat di Bandara, cobalah cari pesawat Batik Air atau Super Air Jet yang dibranding BNI. Anda bisa memotret pesawatnya dengan angle ciamik dan mengikuti kontes foto berhadiah belasan juta rupiah di akun instagram @bni46.

Baca juga: Memilih liburan berdasarkan zodiak Anda

Baca juga: Liburan versus mainan, mana hadiah terbaik untuk anak?

Baca juga: Saran psikolog untuk ciptakan suasana libur akhir tahun di rumah saja

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022