Jakarta () – Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2021 dan Hong Kong kembali hadir menjadi salah satu kota terbaik di Asia Tenggara untuk merayakan musim spesial ini.

Dengan berbagai aktivitas serta kehidupan era normal baru, terdapat segudang pengalaman berbelanja, kuliner, dan hiburan unik yang dapat ditemukan.

Pada tahun ini di West Kowloon Cultural District (WKCD), Hong Kong Tourism Board (HKTB) menghadirkan kembali Pohon Natal raksasa di Art Park, WKCD sebagai kelanjutan dari rangkaian program “Hong Kong Neighbourhood”. Pohon natal setinggi 20 meter telah didirikan sejak 26 November pukul 17.00 HKT.

Direktur Eksekutif HKTB, Dane Cheng mengatakan bahwa setiap tahun banyak pengunjung memilih Hong Kong sebagai tujuan utama liburan musim dingin mereka. Tahun ini, HKTB menghadirkan kembali Pohon Natal khas ke WKCD untuk menarik lebih banyak pengunjung ke landmark seni budaya dan Christmas Town untuk merayakan musim dingin tahun ini.

Meskipun pada saat ini pengunjung dari luar negeri tidak dapat mengunjungi Hong Kong secara langsung, HKTB terus menghadirkan dekorasi meriah di seluruh kota Hong Kong dan menyelenggarakan acara musiman yang menarik agar dapat diakses melalui situs website HKTB untuk seluruh audiens di dunia.

Christmas Town di West Kowloon

Situs M+ di West Kowloon, yang baru saja dibuka merupakan landmark baru di Hong Kong. Tahun ini, M+ adalah inti dari perayaan WinterFest. Dengan pemandangan cakrawala ikonik Hong Kong yang memesona, taman di tepi pelabuhan ini akan diubah menjadi Christmas Town, dengan delapan hiasan Santa Lodges untuk berfoto yang mengelilingi pohon Natal setinggi 20 meter.

Tahun ini, pohon setinggi enam lantai ini telah dipindahkan dari Central ke West Kowloon untuk pertama kalinya.

Pohon natal di West Kowloon, Hong Kong. (/Ho HKTB)

Dengan adanya pohon natal yang menjulang tinggi dan dikelilingi oleh Santa Lodges serta dekorasi yang meriah, Christmas Town tahun ini dirancang layaknya kota fantasi Colmar, Prancis, yang juga menyerupai Howl's Moving Castle, sebuah film animasi terkenal dunia yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki.

Pohon natal berdiri setinggi 20 meter, kurang lebih seperti gedung enam lantai. Dengan musik meriah dan efek pencahayaan, pohon Natal akan menghiasi cakrawala Pelabuhan Victoria dan menjadikan pemandangan itu sebagai ikon Natal yang tidak boleh dilewatkan.

Akan ada delapan Santa Lodges di Christmas Town yang dikelilingi oleh pohon Natal kecil, rusa kutub emas, dan lampu antik, yang menawarkan pengalaman European Christmas kepada pengunjung.

Tak hanya landmark baru yang berada di West Kowloon, Hong Kong juga menawarkan pengalaman berbelanja, kuliner, dan hiburan unik yang dapat ditemukan di musim akhir tahun ini.

Pengalaman berbelanja

Hong Kong memiliki reputasi baik sebagai surga berbelanja, dan Anda dapat menemukan tempat pengerajin, dan dapat menemukan hadiah yang hits, kreatif, dan unik. Tak hanya itu, Anda juga dapat membelinya secara online dan membuat Anda mengingat perjalanan liburan di Hong Kong.

Gifts Lion Rock Press heritage set. (/Ho HKTB)

Hias pohon natal bergaya Hong Kong

The Lion Rock Press, sebuah perusahaan hadiah yang terinspirasi dari Hong Kong,sudah berusia 120 tahun dan dimulai dari bisnis keluarga yang berspesialisasi dalam industri kertas dan percetakan. Mereka menawarkan mainan anak-anak dan dekorasi Natal menggunakan Hong Kong sebagai inspirasi untuk desainnya yang unik dan lucu.

Untuk mainan anak kecil, ada satu set hiasan dim sum kayu yang indah yang akan memberikan kesenangan imajinatif dan untuk pohon Natal, Anda akan menemukan ornamen yang indah yang terinspirasi oleh budaya lokal Hong Kong.

Kuliner

Selain sejumlah landmark penting ini, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Hong Kong selama periode perayaan musim ini. Dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencicipi beberapa hidangan musim dingin Hong Kong.

1. Claypot Rice Kwan Kee
Anda tidak boleh melewatkan Kwan Kee, restoran ikonik Hong Kong yang terkenal dengan nasi claypotnya. Restoran ini mulai terkenal berkat barisan pecinta kuliner yang merekomendasikannya untuk disantap pada malam yang dingin.

Restoran yang ramai dan terang ini menyajikan semangkuk nasi di mangkuk tanah liat yang dimasak di atas api arang asli, dengan tambahan topping seperti daging iga, kacang hitam, sosis, telur, atau belut putih.

Chop Chop Claypot (/Ho HKTB)

2. Chop Chop
Restoran khusus daging panggang Chop Chop saat ini menawarkan delapan jenis nasi claypot, termasuk daging sapi cincang dengan telur, ayam dengan ubi Cina dan jamur shitake, dan daging babi cincang dengan ikan asin dan kacang kastanye.

3. Yung Kee
Hidangan Natal klasik Hong Kong seperti angsa panggang adalah kelezatan yang menggoda untuk dinikmati bersama orang yang Anda cintai. Jika Anda menyukai angsa panggang ala Barat, mengapa tidak mencicipi versi Kanton? Yung Kee adalah salah satu restoran paling ikonik di Hong Kong, dengan sejarah yang berasal dari tahun 1938.

Setelah menjalani renovasi signifikan tahun ini, interiornya diubah, tetapi hidangan angsa panggang khas mereka tidak pernah berubah. Dengan perpaduan sempurna lemak murni, daging lembut, dan kulit renyah, angsa pertama-tama diasapi dan kemudian dipanggang dalam oven yang menggunakan arang asli untuk mempertahankan rasa khasnya. Disajikan dengan saus plum asam yang melengkapi hidangan dengan sempurna.

4. Drunken Pot
Sebuah restoran hotpot dengan nuansa klub malam, The Drunken Pot melayani kerumunan anak muda dan penggemar hotpot. Dikenal karena penyajiannya yang spesial dengan interior yang kekinian, mereka memiliki pilihan hingga lima jenis sup dalam satu pot. Restoran hotpot modern yang segar ini telah menemukan kembali hiburan klasik Kanton ini untuk generasi baru.

Yi Hung Yuen Hot Pot (/Ho HKTB)

5. Yi Hung Yuen
Terletak di pusat Lan Kwai Fong, Yi Hung Yuen adalah impian seluruh instagram influencer yang memiliki nuansa moody bordello yang dilengkapi dengan lampu neon yang dramatis, terinspirasi dari novel klasik Tiongkok Dream of the Red Chamber.

Pertunjukkan musik klasik

Setelah satu tahun hiatus karena pandemi COVID-19, Hong Kong Countdown telah kembali dengan meriah dengan akan diselenggarakannya konser spektakuler di West Kowloon's Great Lawn. Acara ini menampilkan pertunjukan dari beberapa aksi lokal terbaik Hong Kong, serta pertunjukan klasik oleh Hong Kong Philharmonic Orchestra.

The Hong Kong Philharmonic Orchestra (/Ho HKTB)

Acara perhitungan mundur detik-detik pergantian tahun akan ditampilkan di gedung raksasa M+ yang baru dibuka sehingga publik dapat menyambut tahun 2022 secara serempak. Anda berada di luar negeri? Tidak masalah. Anda dapat menikmati konser yang memesona secara langsung dengan momen detik-detik pergantian tahun yang mengasyikkan melalui live streaming di https://www.discoverhongkong.com/countdown

Bila Anda berkesempatan untuk berwisata dan menikmati pengalaman akhir tahun di Hong Kong, jangan lupa untuk melengkapi vaksinasi COVID-19 dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Batik dan kopi paling diminati di "Indonesian Cultural Day" Hong Kong

Baca juga: Rekomendasi tempat untuk dikunjungi di West Kowloon Hong Kong

Baca juga: Indonesia promosi wisata di Hong Kong meski berstatus A1 COVID-19

Oleh Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021