Jakarta () – Pasar Jakpreneur, rangkaian terakhir dari Jakpreneur Fest 2021, didatangi ribuan pengunjung selama tiga hari penyelenggaran di kawasan Kota Tua Jakarta.

"Hampir 5.000 orang datang ke Pasar Jakpreneur dalam waktu tiga hari. Kami mengapresiasi antusiasme masyarakat serta kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta, Dinas PPKUKM, Shopee Indonesia serta seluruh kolaborator sehingga program yang berlangsung cukup panjang ini akhirnya terselenggara dengan baik," kata Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta, Jakarta Experience Board, menggandeng Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta dan Shopee Indonesia untuk Pasar Jakpreneur di Taman Fatahillah pada 26-28 November lalu.

Agar pengunjung tidak menumpuk pada satu waktu, penyelenggara membagi waktu kunjungan dalam beberapa sesi. JXB berkomitmen menerapkan protokol kesehatan pada acara Pasar Jakpreneur, yaitu lain menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan, menyediakan cairan pembersih tangan dan membersihkan kios secara berkala.

Selain bazaar dari 45 usaha mikro, kecil dan menengah, pasar ini juga dimeriahkan acara hiburan dari Band Cahaya Batin, Bimo Ganzar, Jakarta Darbuka Club, Group Angklung Nus, sanggar binaan Dinas Nus, Group Angklung Lebak Lestari Indah, dan penampilan tari oleh Dinas Kesehatan.

Rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021 diadakan sejak Mei lalu, termasuk dalam festival ini lain pameran insidental di Mbloc dan Terowongan Kendal, kompetisi bisnis, kelas pelatihan dan Malam Apresiasi.

Jakpreneur Fest semula direncanakan bisa selesai pada Agustus lalu, namun, peningkatan kasus COVID-19 pada pertengahan tahun ini membuat acara ini harus diundur hingga mendekati akhir tahun.

Festival untuk UMKM lokal Jakarta ini diharapkan bisa memberikan kesempatan dan menjadi motor penggerak pemulihan UMKM. JXB berupaya memberikan kesempatan kepada UMKM dan menstimulasi daya beli masyarakat melalui acara ini.

Anggota Jakpreneur dan UMKM yang ada di Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, membangun jejaring, akses pemasaran dan peluang untuk ekspor.

Baca juga: Pasar Jakpreneur digelar di Kota Tua

Baca juga: Wagub Riza dukung Kadin DKI bangkitkan UMKM

Baca juga: Program "Jumat Beli Lokal" bantu UMKM raup omzet hingga Rp68 juta

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021