Jakarta () – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta secara resmi menggelar Jakarta Kreatif Festival (JaKreatif Fest) 2021 dalam upaya mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI).

"Jakarta Kreatif Festival diselenggarakan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko dalam sambutannya pada pembukaan acara yang digelar virtual, Senin.

Tema besar JaKreatif Fest 2021 adalah memberdayakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang kreatif, inovatif, dan inspiratif di era digitalisasi untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Melalui acara tersebut, BI Jakarta ingin menyajikan informasi, cerita, serta interaksi dengan para penggiat UMKM syariah, industri kreatif, industri perfilman nasional, kopi nus, wisata Jakarta, fashion, dan digitalisasi pembayaran.

"Kami memandang sektor UMKM Syariah, industri kreatif, pariwisata termasuk MICE, ekonomi, dan keuangan digital dapat menjadi ruang dan peluang untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ucap Onny.

Pra acara JaKreatif Fest 2021 telah didahului dengan sejumlah kegiatan seperti sertifikasi halal, klinik pelatihan, dan onboarding UMKM di lapak perdagangan daring Tokopedia. Selain itu, diadakan pula berbagai podcast dan lomba yang terkait wisata, kopi, dan pamer produk unggulan Indonesia.

Sedangkan pada kegiatan utama yang berlangsung 30-31 Agustus 2021, akan diadakan sejumlah agenda seperti webinar, lokakarya tentang pengembangan UMKM dan syariah, peragaan busana, musik, perfilman, wisata, dan ekonomi kreatif lainnya.

"Pada acara utamanya menghadirkan ahli dan praktisi yang mumpuni, mengupas tuntas serba-serbi pariwisata, UMKM Syariah, industri kopi, industri film, industri fashion, dan ekonomi kreatif lainnya melalui gelar wicara dan seminar," ucap Onny.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh BI Provinsi DKI Jakarta itu. Dia berharap JaKreatif Fest 2021 dapat berdampak positif terhadap pengembangan UMKM.

"Semoga kegiatan JaKreatif Fest 2021 yang diselenggarakan hari ini makin berdampak positif pada pengembangan UMKM, pada industri kreatif pariwisata, dan digitalisasi UMKM secara nasional, tentu saja khususnya di Jakarta," ucap Anies.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021