Jakarta () – Hampir dua tahun lamanya pandemi COVID-19 terjadi, dan memaksa banyak orang untuk tetap di rumah saja. Kini di penghujung 2021 vaksin COVID-19 sudah banyak tersedia dan bagi Anda yang sudah menerima vaksin lengkap, saatnya mulai rencanakan perjalanan dan tentukan destinasi yang tepat untuk berlibur di tahun 2022 setelah selama hampir dua tahun belakangan tak bepergian ke manapun. 

Beberapa lokasi wisata domestik dapat dijadikan pilihan terbaik mengingat kondisi pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir. Namun, tak ada salahnya jika Anda membuat perencanaan untuk mengunjungi destinasi luar negeri sebagai daftar cadangan jika sewaktu-waktu kondisi telah normal dan pulih kembali.

Tentu ke manapun Anda bepergian, penerapan protokol kesehatan jangan sampai lepas kendali sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan orang-orang di sekeliling Anda. Jika Anda berniat untuk bepergian, sebaiknya jangan lupakan “set higenitas”, mulai dari masker medis dan nonmedis, hand sanitizer, hingga disinfektan spray jika diperlukan.

Berikut 12 “bucket list” destinasi menarik, dari dalam negeri hingga luar negeri, yang dapat Anda kunjungi di tahun 2022, sebagaimana direkomendasikan oleh tiket.com, dikutip dari siaran resmi pada Jumat.

1. Wisata kuliner dan budaya di Palembang

Kota Palembang terkenal dengan destinasi wisata yang beragam, mulai dari Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Pagoda sembilan lantai, Klenteng Hok Tjing Rio, hingga wisata kuliner yang menggugah selera, salah satunya Pempek Palembang.

2. Mengunjungi kota Gudeg, Yogyakarta

Di Yogyakarta, Anda bisa menikmati alam serta budaya sambil bermalam di vila. Anda juga bisa mengunjungi Taman Sari Yogyakarta, Pantai Kukup, Kaliadem, Bukit Kali Kuning, Museum Ullen Sentalu, Taman Pelangi, Upside Down World, hingga Hutan Mangrove Kulon Progo.

3. Daratkan kaki dan jelajahi kota Medan

Bagi Anda yang baru pertama kali ke Medan disarankan untuk menjelajahi Istana Maimun, Tjong A Fie Mansion, Merdeka Walk, Gedung London Sumatra, Masjid Raya Al-mashun, Vihara Gunung Timur, serta Kuil Shri Mariamman.

4. Penuhi rasa rindu Anda ke Kota Pahlawan, Surabaya

Di Kota Pahlawan ini, Anda bisa mengunjungi deretan wisata sejarah hingga alam, mulai dari Kampung Arab, Kelenteng Sanggar Agung, Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Patung Suro dan Boyo, Food Junction Grand Pakuwon, Kebun Binatang Surabaya, Hotel Majapahit, hingga Ekowisata Mangrove.

5. Menjelajahi kota terbesar di Indonesia Timur, Makassar

Makassar menawarkan berbagai tempat wisata alam, budaya, hingga yang kekinian. Untuk memanjakan indera penglihatan, kunjungi Masjid 99 Kubah di tepian Pantai Losari, Air Terjun Leang Paniki, Pantai Kanipang, Air Terjun Tamalulua, Apparalang, Batu Lappa, dan Helena Sky Bridge Bantimurung.

6. Berwisata ke pulau Dewata yang eksotis

Bali senantiasa menjadi top of mind bagi turis, baik mancanegara maupun turis domestik. Bagi penyuka Bali, Anda bisa datang ke Pantai Atuh di Nusa Penida dan Pantai Nyang Nyang. Selain itu, kekayaan budaya dan kultur Bali pun masih sangat kental untuk dinikmati oleh keluarga yang berlibur.

Baca juga: 7 sentra kuliner di Singapura, favorit artis hingga diakui Michelin

7. Kangen ke Singapura? Ini saatnya!

Dengan berlakunya Vaccinated Travel Lane (VTL) di Singapura, maka warga Indonesia dapat kembali berkunjung ke Singapura lagi. Anda bisa mampir ke destinasi Masjid Sultan, Gardens by the Bay, Merlion Park, Orchard Road, Esplanade, serta Clarke Quay.

8. Hanya berjarak 3+ jam, jadikan Bangkok rangkaian wisata komplit

Bangkok merupakan kota yang layak dikunjungi bersama sahabat karib. Anda bisa berkunjung ke Royal Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Pho, Damnoen Saduak Floating Market, sungai Chao Phraya, Taman Lumpini, Bangkok Art & Culture Center, Museum of Counterfeit Goods, hingga Sea Life Bangkok Ocean World.

9. Liburan ala Sultan ke Istanbul, Turki

Harga tiket pesawat dan penginapan ke Turki tergolong terjangkau. Negara ini memiliki pesona panorama alam dan budaya, mulai dari Blue Mosque, Galata Bridge, Cappadocia, Konya, Topkapi Palace, Istiklal Street, Pamukkale, hingga Bursa.

10. Buka cakrawala dengan menikmati Dubai yang spektakuler
Bagi yang telah memiliki visa turis untuk berkunjung ke Uni Emirat Arab atau yang sudah kangen untuk mengunjungi Dubai, destinasi wajib kunjung di nya Burj Khalifa, Palm Jumeirah, Jumeirah Beach, Bastakia Quarter, Big Red, Dubai Miracle Garden, dan Dubai Aquarium.

11. Berwisata ke Kota Malaikat, Los Angeles
​​​​​​​

Bagi warga Indonesia pemegang visa turis ke AS, area wajib kunjung untuk merasakan dinamika kehidupan barat adalah Hollywood (Grauman’s Chinese Theatre, Hollywood Walk Of Fame, Kodak Theatre, dan Starline Tour), Universal Studios Hollywood, Griffith Park, Venice Beach, serta berbelanja ke Rodeo Drive.

12. Menikmati nuansa kota tua di London, United Kingdom
​​​​​​​

Dengan nuansa kota tua yang kental, berjalan kaki di London pun terasa seperti berada di era dan waktu yang berbeda. Anda dapat menyaksikan Big Ben dari South Bank, berjalan santai di pinggir sungai Thames, hingga menyaksikan momen The Changing of the Guards di sela-sela kunjungan ke berbagai museum historik.

Baca juga: Empat rekomendasi wisata alam di Likupang, cocok untuk "self-healing"

Baca juga: Enam destinasi wisata di Singapura rekomendasi Marissa Nasution

Baca juga: Rekomendasi tempat untuk dikunjungi di West Kowloon Hong Kong

Oleh Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021