Wujudkan RI Jadi Lumbung Pangan Dunia, Jokowi Dorong Inovasi Produk Pertanian

Irene

Wujudkan RI Jadi Lumbung Pangan Dunia, Jokowi Dorong Inovasi Produk Pertanian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah tengah berfokus pada pengembangan lumbung pangan (food estate) di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Hal ini untuk mendorong Indonesia bisa menjadi salah satu lumbung pangan dunia.

“Saat ini banyak negara di dunia melihat pentingnya pengembangan sektor pangan. Bukan hanya untuk merespon kemungkinan terjadinya krisis pangan akibat pandemi, tapi juga karena kebutuhan pangan sejalan dengan melonjaknya populasi penduduk di seluruh dunia,” kata Jokowi saat membuka Jakarta Food Security Summit (JFSS), Rabu (18/11).

Menurut dia, hampir setengah populasi penduduk dunia berada di kawasan Asia. Termasuk di 3 negara terbesar yakni China, India dan Indonesia. “Situasi ini membuka peluang yang menjanjikan bagi sektor pangan. Kebutuhannya sangat besar, pasarnya sangat besar, dan akan terus tumbuh,” imbuhnya.

Namun, dia mengingatkan pengembangan sektor pangan membutuhkan cara-cara baru yang inovatif. Sehingga mampu meningkatkan efisiensi proses produksi, meningkatkan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, memperbaiki daya dukung lingkungan, hingga mensejahterakan para petani.

“Kita harus melompat dengan cara-cara baru, dengan skala produksi yang lebih besar dengan peran sentral korporasi petani. Mengedepankan nilai tambah di tahap on farm maupun off farm, dan berbasis teknologi modern yang lebih efisien dan lebih produktif,” imbuhnya.

“Sehingga memberikan kesejahteraan yang lebih baik pada para petani dan sektor-sektor pendukungnya,” pungkas Jokowi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Next Post

Dukung Mahyeldi-Audy di Pilkada Sumbar, Penjual Lontong Jalan Kaki Padang-Bukittinggi

Riki Iskandar, penjual lontong di daerah Kampung Lapai, Kecamatan Kampung Jao, Kota Padang nekat berjalan kaki dari Padang ke Bukittinggi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan calon (Paslon) Mahyeldi-Audy Joinaldy di Pilkada Sumatera Barat (Sumbar). Dengan mengenakan kaos bertulis 'Demi Menjemput Kemenangan Mahyeldi-Audy #Nomor4UntukSumbarMadani #4444' di belakang punggung, […]