Jakarta () – Singapura terkenal sebagai surga belanja dengan deretan pusat perbelanjaan modern yang menjadi rumah dari berbagai merek internasional. Salah satu kawasan yang mewakili Singapura sebagai surga belanja adalah Orchard Road.

Umumnya, wisatawan yang datang ke Singapura, akan menyempatkan diri berkunjung ke Orchard Road untuk berbelanja ke tempat tujuan atau sekadar cuci mata. Namun Orchard Road juga terkenal dengan situs bersejarah. Bagi Anda yang ingin berkunjung untuk tujuan di luar belanja, simak daftar tempat wisata sejarah dan tempat kuliner di bawah ini yang bisa menjadi inspirasi melancong di kemudian hari, dikutip dari siaran resmi Singapore Tourism Board.

The Istana
Khusus The Istana, kantor Presiden Republik Singapura hanya dibuka lima hari dalam satu tahun dalam acara open house yang diselenggarakan setiap hari raya dan Hari Buruh.

Namun Anda tetap dapat melihat dari luar betapa megahnya bangunan bergaya Neo-Palladia yang dulu merupakan kediaman Gubernur Inggris di Singapura.

Anda juga bisa tahu lebih banyak mengenai The Istana melalui Istana the Heritage Gallery yang terletak persis di seberang jalan. Galeri ini buka sepanjang tahun, menjelaskan segala detail The Istana mulai dari arsitektur sampai tokoh penting yang pernah berkunjung ke sini.

Emerald Hill, Singapura (HO/STB)

Emerald Hill
Anda masih dapat melihat dan merasakan suasana era kolonial yang menarik di Orchard Road yang dahulunya adalah daerah perumahan.

Berkunjunglah ke Emerald Hill, daerah perumahan yang tenang di pusat perbelanjaan dan jalanan yang ramai.

Saat ini ada banyak kafe, restoran, dan bar yang dibuka di rumah-rumah Emerald Hills.
Namun, rumah-rumah ini masih tetap mempertahankan desain aslinya yaitu desain kolonial dan peranakan klasik.

Tampilan rumah-rumah di Emerald Hill ini sangat estetik dan cocok diabadikan untuk Instagram Anda.

Setelah berbelanja dan berwisata, mari istirahat sejenak dan mengisi energi dengan bersantap di restoran. Bagi Anda yang mencari hidangan-hidangan halal, berikut daftar tempat yang bisa didatangi di Orchard Road.

Maki San, Singapura (HO/STB)

Maki San
Maki San merupakan restoran pertama dengan konsep pengunjung bisa memilih sendiri (do it yourself) komponen salad dan sushi yang mereka inginkan.
Anda bisa memilih jenis sayuran, protein, dan saus sesuai selera untuk membuat sushi dan salad.

Namun jika Anda bingung memilih komponen makanan, Maki San menyiapkan menu tetap yang juga menjadi favorit banyak orang.

Maki San pertama kali dibuka di The Cathay pada 2012 dan terus berkembang hingga 20 restoran di seluruh Singapura.

Amazing Thai Food
Kangen makanan khas Thailand? Anda bisa mampir ke Amazing Thai Food yang merupakan restoran thailand halal.

Makanan khas Thailand seperti som tum (salad pepaya muda), tom yum, dan kari ikan thailand yang memiliki cita rasa segar dapat Anda santap untuk beristirahat sejenak saat belanja.

Carousel at Royal Plaza on Scotts Hotel (HO/STB)

Carousel at Royal Plaza on Scotts Hotel
Restoran buffet makan sepuasnya ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang gemar wisata kuliner atau foodies. Terlebih, restoran ini adalah restoran buffet halal paling populer di Singapura.

Restoran ini menyajikan makanan internasional dari Ansia, Mediterania, Perancis, dan Jepang. Jangan lupa untuk mencicipi aneka boga bahari seperti lobster, tiram, dan kepiting raja yang masih sangat segar.

Selain itu pilihan dessert atau makanan penutupnya sangat cantik dan menggiurkan.

Baca juga: Mengenal budaya Baba & Nyonya lewat kegiatan ramah muslim di Singapura

Baca juga: Delapan aktivitas untuk liburan bersama anak di Singapura

Baca juga: Intip sudut tersembunyi untuk penyuka barang antik di Singapura

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021