Wilayah Zona Oranye Covid-19 Meningkat, Satgas Ingatkan Pemda Waspada dan Tak Lengah

Irene

Wilayah Zona Oranye Covid-19 Meningkat, Satgas Ingatkan Pemda Waspada dan Tak Lengah

Perkembangan peta zonasi Covid-19 secara mingguan mengalami pergeseran pada zona merah atau berisiko tinggi. Pada zona merah, terlihat membaik dengan terjadi penurunan jumlah daerah dalam sepekan, dari 20 kabupaten atau kota pada pekan lalu, menjadi 19 kabupaten atau kota pada pekan ini.

Namun demikian, jumlah kabupaten atau kota yang masuk zona oranye atau berisiko sedang terhadap Covid-19 mengalami peningkatan. Pekan ini, ada 371 kabupaten atau kota berstatus zona oranye dari sebelumnya hanya 360.

“Ingat! zona oranye juga masih berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dalam konferensi pers, Rabu (3/11).

Wiku mengingatkan, meski dalam lima bulan terakhir penanganan Covid-19 di berbagai daerah mengalami kemajuan, tetapi mayoritas daerah cukup nyaman berada di zona oranye. Dalam empat minggu terakhir, terjadi peningkatan daerah zona oranye dari 65,73 persen menjadi 72,28 persen.

Dia mendorong pemerintah daerah bekerja keras agar segera keluar dari zona oranye menjadi zona kuning Covid-19.

“Kami mengharapkan kerja keras dari pemerintah daerah untuk dapat keluar dari zona riziko sedang atau zona oranye ke zona kuning maupun hijau,” ujarnya.

Sementara itu, terdapat penurunan signifikan wilayah pada zona kuning atau berisiko rendah terhadap Covid-19. Pekan sebelumnya ada 115 di zona kuning, pekan ini turun menjadi 104 kabupaten atau kota.

Akan tetapi, terjadi peningkatan jumlah wilayah pada zona hijau yakni tidak ada kasus baru, dari 7 menjadi 8 kabupaten atau kota. Sedangkan zona hijau tidak terdampak Covid-19 tak mengalami perubahan, masih tetap seperti pekan lalu.

“Jumlahnya sama seperti minggu lalu yaitu 12 kabupaten atau kota,” tandasnya. [lia]

Next Post

Joe Biden Masih Unggul Dari Donald Trump, Raih 131 Suara Elektoral

Capres dari Demokrat, Joe Biden masih unggul dari capres petahana Donald Trump yang diusung Republik dalam hasil sementara pemilihan presiden Amerika Serikat. Sampai saat ini, Biden mengantongi 131 suara elektoral (electoral vote), sementara Trump baru mengantongi 98. Dikutip dari Aljazeera, Rabu (4/11), Biden memenangkan suara elektoral di sejumlah negara bagian […]