Jakarta () – Wardah berkolaborasi dengan empat perancang di perhelatan Indonesia Fashion Week 2022, yakni Ayu Diah Andari, Anandia Putri, Khanaan Shamlan dan Malik Moestaram di Wardah Beauty and Fashion Show, Sabtu (16/4).

"Dalam pekan mode Indonesia Fashion Week 2022, bentuk dukungan kami kepada para desainer adalah dengan memberikan riasan wajah untuk keseluruhan tampilan dalam fashion show. Kami sadar bahwa industri kecantikan dan industri mode saling bergantung satu sama lain sehingga dibutuhkan kolaborasi yang kuat agar dapat memberikan dampak positif baik secara kreatifitas maupun ekonomi," kata Head of Wardah Decorative Shabrina Salsabila, dikutip dari siaran resmi, Senin.

Membawa tren makeup Ramadan Look 2022 “Bergerak Hidupkan Harapan” sebagai tema riasan dalam ajang Indonesia Fashion Week 2022, masing-masing desainer mendapatkan dukungan berupa makeup look yang berbeda-beda sesuai dengan tema yang dibawakan.

Pada tampilan Ramadan Look 2022 “Bergerak Hidupkan Harapan” sendiri terdapat empat makeup look yang memiliki inspirasi serta karakter yang berbeda.

Baca juga: Kami. Raya Collection 2022 usung kisah persahabatan ketiga "founder"
 

Ayu Diah Andari – Les Alleés , Indonesia Fashion Week 2022 (16/4) (HO/Wardah)

Ayu Diah Andari memilih Matte with Kitten Flick untuk riasan wajah yang mewakili tema Les Alleés miliknya pada IFW 2022. Perpaduan bibir ombre berwarna cerah pada riasan ini mewakili palet warna dari gaun-gaun yang dihadirkan oleh Ayu, yaitu warna pastel yang dikombinasikan dengan warna-warna terang seperti fuchsia, hijau limau, kuning, biru, ungu, dan hijau daun agar menghasilkan kesan berani namun tetap halus.

Kemudian, koleksi ini bertambah halus dengan riasan Matte with Kitten Flick yang menghasilkan complexion matte dan sehat. Hal ini diperlukan ketika menggunakan gaun dengan sequins, payet, manik dan bunga mawar agar mendapatkan kesan mewah dan elegan. Garis desain yang biasanya berpotongan serba simetris kini berubah rupa menjadi banyak ragamnya. Misalnya, pada bagian lengan, bawah gaun dan siluet busana lebih banyak dieksplorasi.

Knitting, digital printing, tweed, tile, biku-biku, sifon, lace, organdi, yang memiliki karakter berbeda, menjadi lahan garapan ciptaan baru yang selaras. Demikian pula pembubuhan embellishment di atas bahan.

Terdapat pula bordir tiga dimensi, sulam halus di atas bahan yang beraneka rupa. Garis-garis lurus berjajar seperti angka sebelas dan menjadi benang merah seluruh tampilan busana. Tidak hanya sampai di situ, Ayu juga menciptakan sepatu, tas, syal, bros dan belt chains untuk melengkapi busana kreasinya.

IKYKxTOTON by Anandia Ayu , Indonesia Fashion Week 2022 (16/4) (HO/Wardah)

Anandia Ayu dari IKYKxTOTON memamerkan koleksi modest wear serta memilih Korean Look for Eid Fitr sebagai riasan untuk melengkapi tampilan keseluruhan saat fashion show. Dengan dominasi warna-warna lembut, Wardah memainkan gradasi warna “Fruit Punch Ombre” pada bagian bibir yang membuat estetika TOTON lebih menyatu ke dalam DNA IKYK.

‚ÄčBaca juga: MUFFEST+ 2022 siap digelar mulai 21 April

Lapisan berbagai jenis kain renda dengan kombinasi nuansa hitam, putih, dan warna pastel di seluruh koleksi baru dan juga menampilkan kain renda yang dirancang khusus secara eksklusif oleh TOTON dan IKYK merupakan inti dari busana ini. Kemudian, dipercantik dengan Organza yang diberi sentuhan hiasan renda yang halus serta lapisan kain ringan siluet yang longgar nan nyaman.
 

Khanaan Resort 2022 by Khanaan Shamlan, Indonesia Fashion Week 2022 (16/4) (HO/Wardah)

Glow with Painterly Blusher menjadi pilihan Khanaan Shamlan untuk melengkapi tema Khanaan Resort 2022. Koleksi yang menunjukkan keindahan alam melalui detail yang indah seperti bordiran dan payet ini sesuai dengan tampilan bercahaya sehat milik makeup look Glow with Painterly Blusher.

Dilengkapi dengan perpaduan color tone yang menenangkan namun tetap elegan mewakilkan keutamaan makeup look ini, yaitu tidak terlihat berminyak. Lalu dipercantik dengan potongan vintage yang indah untuk mewakili siluet yang tak lekang oleh waktu.

Journey of Hana by Malik Moestara, Indonesia Fashion Week 2022 (16/4) (HO/Wardah)

Journey of Hana menjadi tema yang dipilih oleh Malik Moestaram dalam IFW 2022 kali ini. Koleksi-koleksi dari Malik ini terinspirasi dari kebudayaan pakaian kimono perempuan Jepang.

Untuk menyempurnakan koleksi-koleksi miliknya, Malik dengan bangga menggunakan tampilan makeup Western Look for Eid Fitr dari tren makeup Ramadan Look 2022 “Bergerak Hidupkan Harapan” milik Wardah. Complexion yang lebih matte namun tetap terlihat sehat adalah ciri khas yang menjadikan tampilan riasan ini sesuai dengan keindahan serta keanggunan perempuan Jepang dalam berbusana.

Selalu berhasil mengikutsertakan kecantikan bunga-bunga yang umumnya ditemukan dalam lukisan, asimetris dan lukisan bunga ini kemudian dipadankan dengan busana muslim sehingga menghasilkan kesan elegan dan menawan. Kemudian material taffeta silk, tulle silk, sifon silk dan embroidery velvet dipadukan oleh Malik dengan warna merah, royal blue dan khaki sebagai color tone untuk menghasilkan busana yang cantik bak perempuan Jepang.

Peragaan busana ini juga menghadirkan Dinda Hauw, Dhini Aminarti, Yasmin Napper, dan Raline Shah sebagai muse dari Brand Ambassador Wardah serta spesial muse, yaitu Nicky Clara, Analisa Widyaningrum, dan Clarissa Putri.

Wardah Fashion Journey merupakan inisiatif yang digagas Wardah sejak tahun 2017 untuk mendukung desainer mode Indonesia dalam perjalanan mereka menciptakan sebuah tren mode.

Melalui fashion journey, Wardah menilai bahwa industri kosmetik dan industri mode saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, Wardah menyediakan wadah untuk mendukung desainer Indonesia dalam eksistensi mereka di industri mode melalui kolaborasi-kolaborasi di panggung mode, baik di Indonesia maupun internasional.

Baca juga: Empat tren make-up Ramadhan tahun ini

Baca juga: Tips riasan yang membuat wajah segar meski berpuasa

Baca juga: Wardah luncurkan kampanye "Beauty Moves You"

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022