Wali Kota Pariaman Raih Penghargaan Innovative Government Award 2020

Irene

Wali Kota Pariaman Raih Penghargaan Innovative Government Award 2020

Kota Pariaman menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 sebagai 'Kota Sangat Inovatif' dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Wali Kota Pariaman, Genius Umar merespons positif penghargaan ini karena kotanya bisa memberikan pelayanan publik yang inovatif dan reaktif.

“Hari ini Pariaman mendapatkan penghargaan yang sangat inovatif Government Award, jadi merupakan pemerintah daerah yang memiliki inovasi tinggi, saya pikir tuntutan masyarakat sekarang adalah pemerintahan yang lebih cepat, reaktif, inovatif karena kebutuhan masyarakat begitu meningkat, membutuhkan pelayanan yang sangat cepat,” katanya usai menerima penghargaan IGA di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (19/12).

Dia menuturkan, pemerintah kota Pariaman banyak melakukan berbagai inovasi, terutama di bidang pendidikan. Yaitu program satu rumah satu sarjana untuk warga miskin. Kemudian, pendidikan dari SD hingga SMA/SMK yang disubsidikan gratis oleh pemerintah Pariaman.

“Kemudian juga bagaimana kita meningkatkan pendidikan guru-guru, sejak guru PAUD, SMP sampai SD juga,” ucapnya.

Umar melanjutkan, di bidang pariwisata, kota Pariaman memiliki destinasi baru yang inovatif. Mereka juga menggabungkan program yang ada di pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan desa agar wisatanya bisa terintegrasi.

“Sehingga destinasi wisata di kota Pariaman tumbuh dengan cepat berkat dengan inovasi kita,” kata dia.

Selain itu, Pariaman membangun tata ruang kota dengan inovasi sesuai kebutuhan anak-anak muda. Pihaknya menyerap aspirasi kebutuhan masyarakat dan minelial di bidang landscape kota.

“Jadi ada tempat untuk main sepatu roda, skatepark, ada untuk berlari semua lengkap, jadi bagaimana kita ini di tata dengan baik sehingga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya,” terangnya.

“Dan kami bersyukur ini diperhatikan dan dinilai pemerintah pusat sebagai inovasi dan inovasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun tahun depan sehingga Pariaman lebih inovasi dari sekarang,” tutup Umar.

Untuk diketahui, Innovative Government Award (IGA) ini ialah kegiatan penilaian dan penghargaan tahunan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah atas keberhasilannya dalam melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Adapun penilaian IGA tahun 2020 meliputi lima kategori penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah yakni Provinsi Terinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif kategori daerah Tertinggal, Kabupaten/Kota Terinovatif kategori Kawasan Perbatasan, dan Kabupaten/Kota Terinovatif kategori Provinsi Papua dan Papua Barat. [rnd]

Next Post

Ini 10 Langkah Wajib untuk Rawat Kucing Kesayangan Tetap Sehat

Tingkah lucu dan penampilannya yang menggemaskan sering jadi faktor utama yang bikin banyak orang tertarik buat memelihara kucing. Tapi keputusan tersebut nyatanya bisa jadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang baru pertama kali menyandang status cat owner. Agar kucing kesayangan tetap sehat dan happy, ikuti 10 langkah wajib ini ya. Sediakan […]