Usung Tema Restart, IDEAFEST 2020 Resmi Digelar Secara Virtual

Irene

Usung Tema Restart, IDEAFEST 2020 Resmi Digelar Secara Virtual

Pandemi bukan halangan untuk terus kreatif dan menyebarkan semangat positif. Pembatasan sosial yang diterapkan juga bukan halangan untuk terus menginspirasi generasi muda agar tetap berkarya. Hal ini yang berusaha dibuktikan oleh IDEAFEST. Setelah 9 tahun terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif di tanah air, tahun ini IDEAFEST 2020 kembali hadir dan digelar secara virtual dengan mengusung tema ‘Restart’.

IDEAFEST 2020 bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Gelaran ini akan berlangsung pada 5-15 November 2020 untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif & kewirausahaan dengan melibatkan generasi muda untuk mewujudkan perubahan positif bagi Indonesia. Pertama kali hadir secara virtual, IDEAFEST 2020 menjanjikan aspek-aspek pengalaman offline yang bisa dinikmati secara online di www.ideafest.id.

Ada alasan tersendiri mengapa tema Restart yang diangkat, karena ingin mengajak masyarakat kembali membangun ekonomi. Bakal ada banyak sektor yang mempertimbangkan kembali peluang mereka bertahan, nggak hanya di tengan situasi pandemi saja tapi juga melihat 2020 sebagai peluang baru.

©Instagram/ideafestid

Ben Soebiakto, CEO, Samara Media & Entertainment menjelaskan “Peran ekonomi kreatif sangat penting dalam proses pembangunan. Salah satu cara untuk dapat bertahan melewati masa pandemi ini adalah dengan tetap produktif, kreatif, dan inovatif. Produktivitas ditengah pandemi ini melahirkan banyak wirausaha ekonomi baru. Melalui kerjasama dengan Kemenparekraf, sebagai dukungan dari pemerintah, untuk mendukung pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif, IDEAFEST menyediakan akses informasi dengan beragam konten dan program yang dapat menginspirasi masyarakat. Sehingga kegiatan ini dapat mendorong dan memberikan dampak ekonomi, termasuk keterlibatan generasi muda dalam komunitas kreatif di Indonesia”. 

Lewat tema ini juga, IDEAFEST 2020 fokus pada pengembangan generasi muda dan youth entrepreneurship.

“Industri kreatif Indonesia di berbagai sektor saat ini banyak diciptakan oleh generasi muda. Karena itu, IDEAFEST memberikan mereka wadah untuk mendapatkan informasi, mengembangkan keterampilan, dan menciptakan kolaborasi” ungkap Ben Soebiakto.
Nantinya akan ada beberapa program menarik yang digelar di IDEAFEST 2020 untuk pemberdayaan generasi muda. Misalnya lewat IdeaSpark Forum yang akan diselenggarakan pada 5-8 November 2020 yang menjadi ruang bagi generasi muda untuk mengungkapkan berbagai sudut pandangnya. Bakal ada 4 tema yang akan dibahas, mulai dari Masyarakat & Politik, Kesehatan Kesejahteraan, Perubahan Iklim & Lingkungan, serta Pendidikan.

Dengan format virtual terbaru, IDEAFEST 2020 menawarkan pengalaman yang unik dan interaktif. Topik dan profilnya terkurasi dengan baik, IDEAFEST bakal memberikan panggung virtual untuk para figur kreatif agar bisa berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide inspiratif. Khusus tahun ini, nantinya akan ada lebih dari 110 tokoh dan 6 program yang relevan dengan tren masa kini.

“2020 merupakan tahun penuh tantangan bagi semua orang. Namun, ini juga memberikan kita kesempatan untuk restart dan menghidupkan kembali semangat menuju hari esok yang lebih baik. Semoga IDEAFEST 2020 dapat membantu masyarakat dan komunitas dalam menanggapi lanskap pembangunan yang berubah dengan cepat, menghadirkan solusi baru, dan menciptakan kemitraan sehingga industri ekonomi kreatif Indonesia dapat terus bangkit di tengah masa sulit sekalipun” tutup Ben Soebiakto.

Sementara itu, pada 27 Oktober 2020, IDEAFEST 2020 menggelar virtual press conference yang menghadirkan pembicar seperti, Nazier Ariffin (Head of Strategic Investments, Telkomsel), Fetty Kwartati (President Director of PT Sarinah), Bahari CK (Vice President & Creative Director GO-JEK), dan Lale, Ilman, dan Nino (Music Producers & Songwriters Laleilmanino).

Bicara soal lineup, pastinya nggak kalah seru. IDEAFEST 2020 akan menghadirkan Baim Wong, Najla Bisyir, Raisa Andrina, Tantri Namirah, Jonathan Sudharta, Elora Hardry, Keenan Pearce, Marissa Anita, Lizzie Parra, Daniel Surya, Salman Subakat, Dominique Diyose, Rachel Ajeng, David Karto, dan masih banyak lagi yang sayang banget kalau dilewatkan.
Nah, kamu bisa mengakses seluruh konten IDEAFEST 2020 dalam 2 kategori tiket. Yang pertama adalah Live (Rp 200 ribu) dan Live and Rewind (Rp 450 ribu) di mana kamu bisa nonton ulang berbagai program IDEAFEST 2020 hingga tanggal 31 Desember 2020.

View this post on Instagram

Ideafest is right around the corner, so you might as well check these speakers and performers that will be joining us in our brand new Ideafest Online 2020! More speakers and performers are coming real soon. So, while you’re at it (reading our caption), buy yourself some tickets by clicking the link on our bio! #Ideafest2020

A post shared by IDEAFEST (@ideafestid) on

Sementara itu, untuk akses IdeaSpark Forum, program musik, experiential expo, F&B dan beberapa sesi IdeaTalks bisa dinikmati secara gratis. Yuk, berburu tiketnya dengan klik di sini. Tonton seluruh rangkaian IDEAFEST 2020 di www.ideafest.id atau live streaming di Vidio.

[wri]

Next Post

Cuitan Mahathir 'Muslim Berhak Bunuh Orang Prancis' Dihapus

Jakarta, Indonesia — Twitter menghapus kicauan eks Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad yang menyatakan bahwa umat Muslim berhak membunuh jutaan orang Prancis saat menanggapi serangkaian serangan di negara itu. Perwakilan Twitter mengatakan kepada AFP bahwa mereka memutuskan untuk menghapus kicauan tersebut karena “melanggar aturan mengenai glorifikasi kekerasan.” Twit tersebut merupakan bagian dari […]