Breaking News in Indonesia

Unri Terjunkan 6.700 Mahasiswa yang Sedang KKN Edukasi Vaksinasi di Perdesaan

Wakil Rektor Universitas Riau (Unri) Iwantono mengatakan pihaknya menerjunkan 6.700 mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan membawa misi sebagai tim edukasi masyarakat untuk mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di perdesaan.

“Mereka diterjunkan sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bahwa pentingnya masyarakat divaksinasi Covid-19 guna menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat virus mematikan itu,” kata Iwantono kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat (4/6) seperti dilansir dari Antara.

Iwan menyebutkan, pihaknya menerjunkan mahasiswa sembari menjalani KKN, dalam upaya membantu pemerintah mempercepat proses vaksinasi massal sementara itu berdasarkan data banyak kalangan masyarakat tidak ingin divaksin Covid-19.

Dia menyebutkan, banyak kalangan masyarakat enggan divaksin karena terpengaruh isu hoaks dan menyesatkan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Di Jakarta saja, banyak warga yang berebut untuk divaksinasi, lalu kenapa di Riau tidak. Mungkin mereka terpengaruh isu hoaks dan semacamnya yang pada akhirnya akan merugikan mereka karena tidak bisa menciptakan kekebalan komunal untuk melemahkan serangan virus mematikan itu ke tubuh,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, selain mengedukasi masyarakat, keberadaan mahasiswa itu sekaligus menggugah masyarakat bersedia divaksin tanpa keraguan, sebab vaksinasi sebagai ikhtiar bersama untuk menekan kasus positif Covid-19 di Riau. [bal]