Jakarta () – Platform e-dagang Tokopedia mengungkapkan tren menarik dan makanan terlaris selama awal Ramadhan tahun ini.

Kategori Makanan dan Minuman (makmin) menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi di awal bulan suci jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadhan tahun sebelumnya.

"Kurma sukari dan ajwa menjadi jenis kurma yang paling laris di Tokopedia di periode awal Ramadan. Di sisi lain, sambal bawang dan sambal cumi merupakan dua jenis sambal yang paling diburu masyarakat," jelas Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustiana, melalui keterangannya, Jumat.

Tokopedia pun melihat ada tren menarik dari segi penjual makanan dan minuman di platform.

Maisyalina mengatakan, Pekanbaru, Bandar Lampung, Denpasar, Balikpapan, dan Manado menjadi beberapa contoh kota dengan peningkatan jumlah penjual makmin paling tinggi selama periode awal Ramadhan.

Di sisi lain, Tokopedia terus menghadirkan berbagai kampanye untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Ramadan, termasuk mendapatkan makmin baik untuk sahur maupun buka puasa.

Baca juga: Sepuluh makanan banyak dicari di layanan pesan antar tahun 2021

Praktiknya misal, ada Tokopedia NOW!, layanan 24/7 yang memungkinkan masyarakat dapat berbelanja kebutuhan produk harian selama berpuasa dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

"Artinya, siapa pun dapat berbelanja bahan makanan sahur, walau dipesan pukul 3 pagi menjelang sahur sekali pun," kata Maisyalina.

Tokopedia juga menghadirkan Parsel Ramadan yang menyajikan ribuan pilihan parsel Lebaran, seperti kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah mulai dari Rp50 ribuan dan gratis ongkir lewat GoSend.

"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada periode awal Ramadan 2022 meningkat hampir 2 kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadhan tahun sebelumnya," kata Maisyalina.

Masyarakat di berbagai penjuru Indonesia pun dapat memanfaatkan berbagai kampanye turunan inisiatif Hyperlocal yang dipersonalisasi sesuai dengan daerah masing-masing.

Salah satu kampanye dari inisiatif tersebut adalah Tokopedia Nyam! yang menggandeng UMKM lokal sehingga memungkinkan masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dari penjual terdekat.

Baca juga: Makanan hits di 2021 dan prediksi tren kuliner di 2022

Baca juga: Tren wisata hingga kuliner tahun 2019 di platform Traveloka

Baca juga: Prediksi tren peralatan dapur

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022