Tips Mengelola THR Tahun Ini, Mau Manfaatkan Agar Bisa Punya Rumah Sendiri?

Di tahun-tahun sebelumnya, THR biasanya ludes untuk biaya pulang kampung yang memang melonjak drastis karena tuslah yang berlaku menjelang momen Hari Raya Idul Fitri. Hal ini tentu nggak jadi masalah demi mengobati kerinduan kepada keluarga di kampung halaman setelah setahun penuh tidak berjumpa karena bekerja di perantauan.

Namun, tahun ini ternyata harus kembali melalui Ramadan hingga Lebaran di rumah saja karena pemerintah sudah mengeluarkan imbauan larangan mudik. Silaturahmi yang tadinya harus bertemu langsung, sekarang digantikan dengan pertemuan virtual. Hal ini tentunya membawa sisi positif pada keuangan pribadi karena pengeluaran THR jadi lebih hemat.

Mumpung Ramadan tahun ini lagi nggak bisa ke mana-mana, mau memanfaatkan THR dan mengalokasikannya agar bisa punya rumah sendiri? Begini caranya!

Analisa Keuangan Saat Ini

©Shutterstock

Ingin membuat Ramadan tahun ini terasa berbeda dengan punya rumah sendiri? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa keuangan sendiri. Pastikan kamu mengetahui bagaimana posisi keuangan saat ini, mulai dari berapa tabungan yang dimiliki, deposito, aset lainnya dan ditambah dengan besaran THR yang kamu terima tahun ini. Dengan begitu, mempertimbangkan dengan pasti apakah akan membeli rumah secara cash atau KPR.

KPR bisa menjadi pilihan untuk mengelola THR dan tabungan lainnya untuk membeli rumah sendiri, jika masih belum memungkinkan membelinya dengan cash. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan dana untuk DP alias uang muka.

Besaran DP yang diperlukan sendiri tergantung pada peraturan pemerintah yang berlaku. Dalam peraturan terbaru yang ditetapkan Bank Indonesia sejak Desember 2019, DP di sektor properti adalah mulai 5%. Untuk besaran pastinya sendiri disesuaikan dengan tipe rumah yang akan dibeli.

Misalnya untuk pembelian rumah tapak tipe 21-70 melalui KPR, minimal uang muka yang dibutuhkan adalah 5% jika merupakan fasilitas kredit pertama. Aturan ini juga berlaku untuk pembelian rumah susun atau apartemen berwawasan lingkungan.

Pilih Program KPR yang Menguntungkan

Jika sudah melakukan analisa keuangan dan menghitung DP yang kira-kira dibutuhkan, selanjutnya kamu bisa mulai mencari program KPR yang tepat. Memang ada banyak penawaran KPR di luar sana, tapi jika tidak teliti dalam memilih dan menyesuaikan kondisi keuangan, hal ini bisa jadi beban tersendiri.

©Bank BRI

Cari tahu lebih dalam tentang promo yang ditawarkan oleh program KPR. Selain itu, pilih program KPR yang memiliki banyak keuntungan seperti yang dihadirkan Promo KPR Ramadan BRI yang #MemberiMakna bagi kehidupan di bulan suci tahun ini. Jalani Ramadan di rumah impian bisa segera diwujudkan dengan berbagai kemudahan. Mulai dari suku bunga ringan, bebas biaya administrasi dan provisi, jangka waktu hingga 20 tahun, dan kesempatan mendapatkan voucher hingga Rp 3 juta.

Ajukan KPR Nggak Pakai Ribet

Masih berpikir kalau proses pengajuan KPR itu ribet? Itu sih dulu. Sekarang kamu bisa wujudkan mimpi punya rumah sambil rebahan karena pengajuan KPR BRI yang lebih mudah, cepat, dan nyaman dengan aplikasi BRIspot.

©Bank BRI

Cukup bermodal smartphone saja, unduh aplikasi BRIspot dengan klik di sini atau lewat BRImo. BRIspot sendiri adalah platform pengajuan kredit ke Bank BRI lewat aplikasi yang mudah, cepat, dan transparan. Kamu bisa melakukan registrasi, tracking pengajuan, sampai pencairan dana dan simulasi anggaran hanya lewat smartphone saja.

Jadi, berencana memanfaatkan THR untuk menambah DP KPR rumah impian tahun ini? Jangan sampai ketinggalan karena promo KPR Ramadan BRI hanya berlangsung sampai dengan tanggal 15 Mei 2021 saja. Info lebih lengkap klik di sini. [wri]