Breaking News in Indonesia

Tim Gabungan Kesulitan Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Bintan

Tim gabungan masih berupaya memadamkan sisa kebakaran hutan dan lahan seluas 10 hektare di sekitar Desa Tembeling, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau,. Upaya pemadaman itu sudah berlangsung selama tiga hari.

“Masyarakat bersama Damkar dan TNI-Polri masih berupaya memadamkan api secara menyeluruh,” kata Kepala UPTD Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Toapaya Nurwendi.
kepada Antara di Bintan, Sabtu (6/3).

Tim menghadapi kendala untuk melakukan pemadaman menyeluruh. Mereka kesulitan karena lokasi yang terbakar merupakan lahan gambut.

Kebakaran di atas lahan gambut sulit dipadamkan. Kata Nurwendi, proses pemadaman akan lebih mudah jika hujan turun. “Kini asap tebal menyelimuti wilayah Bintan dan sekitarnya,” tuturnya.

Nurwendi menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan di kawasan itu terjadi sejak Kamis (4/3) pagi. Setelah mendapatkan laporan, Satgas Karhutla langsung turun ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Kebakaran diduga disebabkan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Nurwendi mengaku mendapatkan informasi bahwa pelaku pembakaran sudah diketahui. “Kita percayakan pihak kepolisian untuk menyelidiki,” katanya. [yan]