Jakarta () – Memasak makanan penutup yang lezat di rumah bisa menjadi aktivitas Anda saat libur akhir tahun, sekaligus penganan nikmat yang menemani Anda dan orang-orang terdekat menyambut pergantian tahun menuju 2022.

Anda bisa mencoba tiga resep makanan penutup di bawah ini yang relatif mudah untuk dilakukan dan bahan-bahan yang sederhana. Simak tiga resep "dessert" lezat Blueberry Milk Tart, Milk Mango Sandwich dan Strawberry Steamed Milk yang bisa Anda praktikkan di dapur.

 

Blueberry Milk Tart dan Strawberry Steamed Milk (HO/Greenfields)

Blueberry Milk Tart
Bahan:
250ml susu pasteurisasi
2 sdm keju ricotta
2-3 sdm gula
2 sdt agar-agar bubuk
Blueberry beku
7 biskuit gandum
100 gr mentega cair

Cara:
Masukkan susu dan keju ke dalam panci. Masak dengan api sedang, aduk hingga keju melilih. Kecilkan api, tabah gula ke dalam panci. Aduk sampai gula meleleh. Larutkan bubuk gelatin ke dalam air hangat, tuang ke panci. Aduk campuran susu sampai mengental.

Hancurkan biskuit gandum dalam mangkuk dan tambahkan mentega cair ke dalamnya. Aduk rata. Masukkan biskuit gandum ke dalam loyang muffin dan bentuk lapisan kulit tart. Isi dengan adonan susu hingga penuh. Taruh blueberry beku sebagai pugasan. Bekukan kue selama tiga jam. Keluarkan tart dari loyang muffin. Blueberry Milk Tart siap dinikmati.

Milk Mango Sandwich
Bahan:
180 ml susu pasteurisasi
6 potong roti tanpa kulit
1 buah telur
1 buah mangga
2-4 blueberry
6 raspberry
1 sdm madu
Gula halus

Cara:
Pecahkan telur ke dalam mangkuk dan tuangkan susu ke dalam mangkuk. Aduk agar tercampur rata. Rendam roti dalam campuran susu selama 3 menit. Angkat dan letakkan roti di atas loyang yang dialasi kertas roti. Panggang roti pada suhu 180 derajat celcius selama 15 menit. Potong roti menjadi 4 bagian.

Potong mangga menjadi dadu kecil dan blueberry menjadi 2 bagian. Celupkan dalam madu dan letakkan di atas roti. Letakkan sepotong roti di atasnya, ulangi dengan buah-buahan hingga 3 lapis. Taburkan sedikit gula halus di atasnya dan milk mango sandwich siap dinikmati.

Strawberry Steamed Milk
Bahan:
300 ml susu pasteurisasi
3 putih telur
1 sdm air jeruk lemon
2 stroberi utuh
4 sdm remah biskuit
3 lembar daun mint untuk hiasan

Cara:
Tambahkan putih telur, susu, dan air jeruk lemon ke dalam mangkuk. Aduk campuran hingga rata. Saring adonan menggunakan saringan agar tidak menggumpal.

Masukkan adonan ke dalam mug keramik tahan panas. Tutup menggunakan plastik wrap.

Buat lubang pada plastik wrap menggunakan tusuk gigi, kemudian kukus dengan api sedang. Setelah 15 menit, keluarkan susu kukus dari kukusan dan lepaskan plastik wrap. Taburkan remahan biskuit di atas susu yang telah dikukus. Hias dengan stroberi, daun mint dan hidangan siap dinikmati.

Baca juga: Resep SaraFun 1-2-3 yang bakal disukai seluruh keluarga

Baca juga: Cicip tiga resep favorit Nicholas Saputra

Baca juga: Resep membuat beef blackpepper dosirak

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021