Jakarta () – Tiga kali sudah aksesori hiasan kepala buatan perancang Rinaldy Yunardi dipakai penyanyi kenamaan dunia Madonna. Pertama, hiasan kepala dengan bentuk salib-salib dengan warna emas dan perak di ajang Met Gala 2018. Kali kedua karyanya dipakai Madonna adalah ketika sang penyanyi menggelar tur Madame X di Israel pada Mei 2019.

Kali ini, Rinaldy diminta untuk membuat hiasan kepala yang akan dipakai Madonna untuk perayaan ulang tahun ke-63. Namun bukan berarti proses pembuatannya otomatis semakin mudah meski ini bukan kali perdananya.

"Ujian sih tetap saja susah ya, kan kita enggak tahu temanya apa, gaunnya apa. Ya semampu saya mewujudkan sebuah karya agar bisa dicintai dan dipakai," kata Rinaldy kepada , Rabu malam.

Rupanya dia memang diberi kebebasan untuk membuat karya tanpa ada arahan konsep atau tema sama sekali. Itulah mengapa rasanya seperti ujian, gurau Rinaldy. Tiga pekan proses pengerjaan membuahkan aksesori logam ukir, batu kristal dan batu zirkonia dengan teknik tatah berwarna emas antik. Hiasan kepala itu menyiratkan pesan selamat ulang tahun dari sang perancang dan harapan agar Madonna senantiasa bersinar, sama seperti statusnya sebagai seorang bintang.

Rasa bahagia meluap di hati Rinaldy ketika karya berbentuk mirip sinar halo yang ia ciptakan di tengah pandemi COVID-19 diunggah di akun Instagram Madonna, Senin (16/8). Mengingat waktunya berdekatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, Rinaldy mendedikasikan prestasinya ini sebagai hadiah untuk Tanah Air.

Ini membuktikan keterbatasan ruang gerak tidak mengendorkan kreativitas Rinaldy untuk berkarya, meski dia mengakui tantangannya lebih besar di saat pandemi.

"Kita kan tetap kan tetap semangat berkarya meskipun keadaan susah bergerak, enggak bisa leluasa seperti dulu, untuk cari bahan segala macam sulit banget," ungkapnya.

Masih akan ada banyak lagi kejutan dari Rinaldy yang hanya mau membocorkan sedikit dari proyek-proyeknya di masa depan. Tapi, dia sedang menyiapkan dua proyek besar di Indonesia serta beberapa proyek mancanegara. Detail selanjutnya akan dibeberkan ketika proyek itu telah rampung, imbuh dia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021