Testing Covid-19 di RI Baru Capai 62 Persen dari Target WHO

Irene

Testing Covid-19 di RI Baru Capai 62 Persen dari Target WHO

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan pemeriksaan Covid-19 di Indonesia masih belum mencapai standar organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO). Indonesia baru mencapai 62 persen dari standar WHO.

“Indonesia sudah berhasil mencapai 62 persen dan menuju 267.000 orang per minggunya,” katanya, Jumat (25/9).

Berdasarkan standar WHO, jumlah orang yang diperiksa dalam seminggu yakni 1 per 1.000 penduduk. Dari standar itu, dengan total penduduk di Indonesia 267 juta orang, maka yang harus dites adalah 267.700 per minggu.

Wiku menuturkan, melakukan pemeriksaan Covid-19 di Indonesia tidak mudah. Selain karena terkendala tenaga kesehatan, jumlah penduduk di Indonesia sangat banyak.

“Testing bukan upaya mudah terutama Indonesia sebagai negara yang besar,” ujarnya.

Kendati demikian, Wiku memastikan pemerintah tengah berusaha untuk meningkatkan testing Covid-19 sehingga mencapai target WHO. Sejumlah upaya yang dilakukan di antaranya, mengefektifkan laboratorium yang ada di Indonesia.

“Adapun upaya yang dilakukan dengan pengadaan penyediaan reagen baik dari pemerintah pusat maupun pemda,” tutupnya. [bal]

Next Post

CEK FAKTA: Hoaks Sultan HB X Sebut Positif Negatif Covid-19 Sama Saja, Semua Mati

Sebuah tangkapan layar berita yang disebut-sebut bersumber dari media Tempo beredar di media sosial. Tulisan itu berisi ucapan Gubernur DIY Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X yang mengatakan bahwa jika masyarakat terlalu takut menghadapi wabah ini, dampaknya bisa mempengaruhi sektor ekonomi dan masyarakat Yogyakarta kesulitan mencari nafkah. “Rakyat bisa kelaparan, kalo […]