Jakarta () – Memuaskan lidah, mengenyangkan perut, sekaligus indah dipandang dan menggoda untuk diabadikan ke media sosial, itulah yang ingin dicapai oleh restoran Sushi Kaiyo, restoran bergaya izakaya Jepang di Lippo Mall Puri, Jakarta.

Memboyong langsung juru masak dari Negeri Sakura, chef Maeda Noritoshi yang sudah dua dekade menggeluti dunia kuliner menciptakan variasi menu Jepang dikemas dengan penyajian menarik.

Chef yang pernah bekerja di kedutaan besar Jepang, Tokyo, Roma hingga Paris ini mempraktikkan ilmu yang telah ia dapat di penjuru dunia saat menyajikan makanan-makanan Jepang dengan cita rasa negeri Sakura, tapi penyajiannya lebih menawan.

Sebut saja sushi yang disajikan dalam konsep piring berawan, mengeluarkan asap ketika penutup piringnya dibuka, hingga minuman dengan bubble dome yang merupakan konten menarik untuk diunggah di media sosial pengunjung.

 

Sushi Kaiyo (/Nanien Yuniar)

Anda yang mengenal konsep "omakase", dimana tamu menyerahkan pilihan makanan sepenuhnya kepada chef, bisa mencoba Sakura Treasure Box, kotak "harta karun" berisi aneka sushi buatan chef yang isinya akan berbeda-beda dalam kurun waktu tertentu. Menunya dinamis, disesuaikan dengan musim di Jepang, kata pendiri dan Presiden Direktur Boga Group Kusnadi Rahardja.

"Sekarang sedang musim dingin di Jepang, di Hokkaido ada banyak ikan segar, sea urchin. Menunya ditentukan oleh chef, apa yang segar, itu yang disajikan," kata Kusnadi dalam pembukaan di Jakarta, Rabu.

mencicipi beberapa menu di restoran tiga lantai yang mengusung konsep Jepang-Skandinavia, bergaya minimalis tapi enak dipandang. Sebagai pembuka, mencicipi Unagi Cheese Mentai Taco. Dibalut taco yang garing, ada nasi yang ditutupi oleh unagi bertekstur lembut, keju dan mentai.

Baca juga: Strategi Okinawa Sushi mampu berkembang di tengah pandemi
 

Salmon Salad (/Nanien Yuniar)

Untuk salad, menu yang disajikan adalah Eringi Salad yang terdiri dari potongan-potongan jamur dan sayur-sayuran serta dressing saus wijen. Pada menu Salmon Salad, kombinasinya sama persis hanya saja jamur diganti dengan potongan salmon yang lembut dan berukuran cukup besar.

Selanjutnya, sepiring Sushi Moriawase yang cocok untuk pencinta sushi yang lebih "basic", bukan jenis fusion yang diramaikan oleh bahan ini dan itu, termasuk mayonaise. Sepiring sushi moriawase ini berisi tamagoyaki alias omelet Jepang yang rasanya unik, ada rasa "smokey" yang tertinggal di mulut setelah mengunyah telur yang rasanya manis. Sisanya adalah nasi dengan potongan ikan salmon, tuna dan juga udang.

Menu yang terinspirasi dari Indonesia juga ada di sini, yakni salmon petai roll yang disajikan dengan si hijau pelengkap sambal pedas atau sambal goreng hati.

Gorengan kesukaan sebagian besar masyarakat Indonesia juga ada dalam menu tempura. Tempura moriawase terdiri dari jamur, potongan terong, udang dan chikuwa yang dibalur adonan tempura dan digoreng hingga kering. Cocol dengan sedikit garam atau saus tempura yang sudah disediakan.

Baca juga: Shirato padukan sushi dan burrito yang praktis disantap

Baca juga: Inspirasi menu burger sushi lintas negara obati rasa rindu liburan

Baca juga: Beli sushi di Jepang, diantar kurir macho berotot

  • 1
  • 2
  • Tampilkan Semua

Oleh Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021