Breaking News in Indonesia

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kucing Persia dan Anggora

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kucing Persia dan Anggora

Sama-sama populer di kalangan pecinta kucing, ternyata masih banyak yang bingung saat membedakan mana kucing Persia dan Anggora. Keduanya berbulu halus dan panjang, namun kemiripannya hanya sampai di situ. Jika sedang memutuskan ras mana yang tepat dijadikan hewan peliharaan di rumah, pahami dulu perbedaan kepribadian, aktivitas, dan perawatan di antara kedua ras ini.

Wajah

©Shutterstock

Perbedaan paling jelas di antara kedua ras ini terletak pada wajahnya. Kucing Persia memiliki kepala bulat dengan wajah datar dan hidung yang sangat pendek.

Sedangkan Anggora punya hidung lebih panjang dengan bentuk kepala yang lebih lonjong. Telinga ras Persia juga tampak lebih rendah dan dekat dengan kepala, sebaliknya Anggora punya telinga yang berdekatan dan lebih tegak.

Temperamen

©Shutterstock

Soal perangai, kedua ras populer ini pun punya perbedaan yang cukup mencolok. Buat yang mendambakan kucing yang aktif dan energik tapi tetap bisa akur dengan anak kecil maupun hewan peliharaan lainnya, Anggora yang ramah bisa jadi pilihan tepat.

Sebaliknya, mereka yang menyukai ketenangan, mandiri, dan suka memanjakan anabul akan makin happy saat ditemani kucing Persian di rumah.

Perawatan Bulu

©Shutterstock

Meskipun sama-sama dikenal memiliki bulu panjang, ternyata keduanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Kucing Persia memiliki dua lapis bulu yang tampil dalam berbagai warna atau pola. Untuk mencegahnya berubah kusut, pemiliknya wajib meluangkan waktu untuk menyisirnya setiap hari dan punya jadwal mandi yang rutin demi menjaga bulunya tetap indah.

Tak punya banyak waktu untuk merawat kucing? Pertimbangkan memiliki kucing Anggora yang bulunya tak sepanjang Persia dan jarang kusut. Didominasi warna putih, beberapa tetap tampil menawan dengan beragam warna maupun pola.

Kesehatan

©Shutterstock

Sebagian besar, kedua ras ini bisa mengalami masalah genetik tertentu, salah satunya gangguan jantung hingga tuli yang diderita kucing bermata biru. Ras Persia membutuhkan lebih banyak perhatian karena matanya yang besar dan menonjol membuatnya lebih sering mengalami infeksi dan iritasi mata. Begitu juga hidungnya yang datar dan pendek rentan memicu masalah pernafasan.

Punya banyak perbedaan, tapi soal makanan keduanya punya pilihan yang sama yaitu Muezza. Melibatkan ahli gizi dan teknologi modern untuk mengolah bahan-bahan alami, cat food ini diformulasikan dengan nutrisi lengkap, sehat, dan seimbang tanpa tambahan zat sintetik.

©Merdeka

Bukan hanya itu saja, Muezza juga sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain jadi jaminan kucing lebih sehat, pemiliknya tak perlu khawatir saat merawat kucing kesayangan. Mulai dari bermain tanpa takut terkena liur kucing, memberikan cat food secara langsung, mencari wadah penyimpanan, hingga membawanya bepergian.

Ada 4 varian flavor yang bisa dipilih, borong Muezza sekarang juga di Shopee dan Tokopedia untuk dukung kesehatan kucingmu. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [wri]