Breaking News in Indonesia

Serunya Anak-Anak Spanyol Belajar Tatap Muka di Pantai

Masa pandemi Corona Covid-19 yang melanda dunia membuat cukup banyak perubahan kebijakan. Salah satunya terkait proses belajar mengajar. Untuk menimalisir penyebaran virus Corona Covid-19, banyak sekolah yang memberlakukan sistem belajar di rumah atau sekolah online.

Setelah lebih dari setahun kelas ditutup karena penyebaran Covid-19, sebuah sekolah di Spanyol mengadakan pembelajaran tatap muka pada 8 April 2021. Bukan di ruang kelas namun sekolah di wilayah Murcia, Spanyol ini mengganti ruang kelas mereka dengan pantai.

Sekolah Felix Rodriguez de la Fuente ini mempratikkan cara mengajar yang baru dipadu dengan udara segar dari pantai. Papan tulis dan meja portabel hijau tersusun rapi di pantai berpasir Playa de los Nietos atau Pantai Cucu. Tak lupa, para anak-anak ini memakai masker saat berada di luar sekolah.

©REUTERS/Nacho Doce

Para guru mulai mempersiapkan proses pembelajaran di pantai sejak pukul 8 pagi. Ada 8 kelas bagian pelajaran setiap kelasnya 20 menit. Nantinya para siswa bergilir secara kelompok melintasi kelas yang berbeda. Anak-anak sekolah berusia 3 sampai 12 tahun tetap berada di gelembung kelas mereka.

Beberapa murid tanpa alas kaki menggoyangkan jari-jari kaki mereka di pasir saat mereka memainkan xylophone, sementara yang lain berjongkok di atas buku kerja mereka untuk mencegah angin sepoi-sepoi meniup kertas mereka ke laut.

©REUTERS/Nacho Doce

Guru bahasa Inggris, Juan Francisco Martinez mengatakan para muridnya bersenang-senang. Ia menambahkan dengan proses pembelajaran baru ini, apa yang mereka pelajari di sini tidak mereka lupakan. Tentu saja ini menjadi momen yang membekas di ingatan.

“Aman, anak-anak bersenang-senang, Apa yang mereka pelajari di sini tidak mereka lupakan.” kata guru bahasa Inggris Juan Francisco Martinez.

©REUTERS/Nacho Doce

Wajah bahagia nampak tersirat dari para murid yang menghadiri kegiatan pembelajaran tatap muka di sebuah pantai di Cartagena, Spanyol. Sambil belajar mereka juga menikmati udara segar pantai ditemani suara deburan ombak.

Seorang siswa Antonio Fernandez (9 tahun) mengungkapkan ia lebih suka belajar di pantai karena ia merasa lebih santai dan nyaman.“Saya lebih suka berada di pantai karena saya merasa lebih santai dan nyaman.”

©REUTERS/Nacho Doce

Felix Rodriguez de la Fuente School menjadikan pantai sebagai ruang kelas agar anak-anak mendapatkan udara bersih serta mencegah penularan virus Covid-19. Proses pembelajaran di luar ini merupakan bagian dari proyek yang lebih luas yang dikenal sebagai 'Fresh Air'.

Bertujuan menciptakan kualitas udara yang lebih baik bagi anak-anak selama pandemi COVID-19, termasuk melalui pembelajaran di ruang terbuka.Sejauh ini belum ada kasus virus corona yang dilaporkan lantaran pembelajaran tatap muka ini. [Tys]