Indonesia sebagai surga pariwisata

Jakarta () – Matahari masih bersinar terik sore itu, namun puluhan orang sabar menanti giliran mereka masuk ke Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab.

"Welcome to Indonesia. Selamat datang di Indonesia," petugas menyapa, bergantian dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Dubai awal November ini sedang berada pada musim peralihan panas ke dingin, temperatur udara pekan itu berada di kisaran angka 32 sampai 35 derajat Celsius.

Meski pun terik, antusiasme mengunjungi Paviliun Indonesia, yang berjarak hampir satu kilometer dari gerbang utama Expo 2020 Dubai, tidak pernah surut.

Pengunjung yang masuk akan dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap grup berisi sekitar 10 sampai 20 orang. Bukan tanpa sebab pengunjung dibagi menjadi kelompok kecil, Paviliun Indonesia tetap memberlakukan protokol kesehatan di tengah keramaian pengunjung.

Paviliun Indonesia menjadi etalase mini memperkenalkan Indonesia ke mancanegara, bahwa Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman, baik budaya maupun alam.

Presiden Joko Widodo saat video pembukaan National Day Indonesia di Al Wasl Plaza bahkan mengingatkan Indonesia bukan hanya Bali, masih banyak pesona alam lainnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Berbagai destinasi pariwisata lainnya yang terus kami kembangkan, semakin mengukuhkan Indonesia sebagai surga pariwisata," kata Presiden Jokowi.

Tema besar Paviliun Indonesia untuk gelaran internasional ini adalah "Creating the Future, From Indonesia to the World", cita-cita Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Tak lupa, Indonesia juga menonjolkan keberagaman, bahwa Indonesia adalah tanah keberagaman atau "Land of Diversity", seperti yang dipertontonkan pada acara National Day.

"Kita menampilkan Indonesia sebagai 'Land of Divesity', dengan keberagaman budaya dan etnis. Bahasa kita juga banyak," kata Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai, Didi Sumedi, kepada .

Halaman Selanjutnya: Miniatur Indonesia

  • 1
  • 2
  • 3
  • Tampilkan Semua

Oleh Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021