Selamatkan Warga Terdampak Covid-19, Kantor Pos Belitung Salurkan BST

Irene

Hingga tahun 2021 saat ini pandemi Covid-19 masih tinggi penyebarannya. Virus yang jadi momok dunia selama setahun ini menyebabkan korban jiwa dan juga memporak-porandakan perekonomian global tak terkecuali Indonesia.

PT Pos Indonesia ditunjuk pemerintah menjadi mitra Kementerian Sosial dalam menyalurkan Bantuan Sosial Tunai atau BST kepada keluarga penerima manfaat (KPM). BST diberikan pemerintah khusus bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa wilayah dengan potensi daerah yang kuat di sektor pariwisata sangat terasa dampak pada ekonomi masyarakatnya. Salah satunya adalah daerah pariwisata di Pulau Belitung. Pulau Belitung sejatinya sedang mempersiapkan diri menjadi kawasan destinasi wisata unggulan sebelum melindapnya pandemi Covid-19.

Harapan yang tinggi tersemat dengan potensi wisata yang akan membuahkan hasil pada tahun 2020. Namun wabah Covid-19 yang melanda dunia mematikan seluruh sektor pariwisata termasuk Pulau Belitung.

Pertumbuhan ekonomi daerah Belitung menjadi minus 2 koma 31 persen pada 2020 lalu. Masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 ini sebagian besar belum mempunyai pekerjaan lagi. Warga terdampak Covid 19 inilah yang mendapatkan BST dari pemerintah sebesar 300 ribu rupiah.

Kantor Pos Belitung Salurkan BST ©2021

“BST ini sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Belitung semenjak Covid-19 mewabah. Kebutuhan masyarakat untuk BST ini sangat penting,” ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, dalam masa pandemi jajarannya tetap akan menyalurkan BST. BST yang disalurkan adalah sesuai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kemensos.

Dirut PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi©2021

Kondisi geografis Indonesia yang beragam mendorong Pos Indonesia melakukan berbagai cara untuk menyalurkan BST kepada para KPM. Misalnya, di wilayah kepulauan, seperti Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Ada tiga cara penyaluran BST agar tidak menimbulkan kerumunan yakni penyaluran di kantor pos tempat komunitas dan pengiriman langsung ke rumah atau door to door. Pos Indonesia memastikan seluruh penyaluran BST dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Tentu tujuannya untuk mencegah penyebaran dan naiknya angka kasus positif Covid-19.

Pos indonesia sebagai salah satu garda depan dalam penyaluran bansos tunai ke seluruh Indonesia, berkomitmen kuat untuk bisa menjalankan amanah pemerintah.

Kantor Pos Belitung Salurkan BST©2021

Selain menjadi bagian dari tugas menyalurkan BST menjadi wujud karya sekaligus membantu warga terdampak Covid-19 terutama dampak ekonomi yang melemahkan semua sendi kehidupan khususnya daerah pariwisata.

[hhw]

Next Post

BMKG Bantah Bakal Ada Tsunami di NTT, Hanya Fenomena Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membantah kabar tsunami yang akan menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) imbas badai yang disebabkan siklon tropis Seroja. Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menuturkan bahwa fenomena itu bukan tsunami melainkan gelombang tinggi. “Jadi mohon diluruskan bahwasanya itu bukan tsunami. Jadi itu hanya […]