Satgas: Jumlah Wilayah Zona Merah Covid-19 Meningkat Signifikan

Irene

Satgas: Jumlah Wilayah Zona Merah Covid-19 Meningkat Signifikan

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan jumlah kabupaten dan kota yang berstatus zona merah atau berisiko tinggi terhadap Covid-19 meningkat.

Pekan lalu masih 19, kini naik menjadi 27 kabupaten dan kota. Ini merupakan perbandingan untuk periode 4 sampai 10 November dengan 28 Oktober sampai 3 November 2020.

“Pada pekan ini terjadi peningkatan signifikan pada zona merah atau zona risiko tinggi,” jelasnya, Rabu (12/11).

27 Kabupaten dan kota yang masuk zona merah ini adalah Kota Gunungsitoli, Kota Padang, Tanah Datar, Kota Tomohon, Banggai Kepulauan, Bengkalis, Kota Kupang, Kota Bima, Sumbawa dan Kota Bandar Lampung. Kemudian Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kotawaringin Timur, Sukamara, Tanah Bumbu, Kota Tegal, Karanganyar, Pemalang, Pati, Magelang, Semarang, Cilacap, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Bantul dan Kota Bengkulu.

Sementara wilayah untuk zona oranye atau berisiko sedang terhadap Covid-19 mengalami sedikit penurunan. Pekan lalu, ada 371 kabupaten dan kota masuk zona oranye, kini turun menjadi 370.

“Saya mengingatkan bahwa masih banyak kabupaten kota yang cukup merasa aman di zona oranye. Zona oranye masih bahaya dan berisiko tinggi untuk meningkatkan penularan. Semakin daerah merasa nyaman di zona oranye, maka mereka membuka peluangnya untuk masuk ke zona merah. Ini harus dihindari,” tegas Wiku.

Adapun pada zona kuning atau berisiko rendah terhadap Covid-19 terjadi penurunan signifikan. Pada minggu lalu, terdapat 104 kabupaten kota yang ada di zona kuning, kini tersisa 97.

Penurunan juga terjadi pada zona hijau atau tidak terdampak Covid-19. Dari 12 kabupaten dan kota pada pekan lalu kini menjadi 11.

“Terdapat sedikit peningkatan di daerah yang tidak ada kasus baru. Jika pada minggu lalu terdapat 8 kabupaten dan kota di zona ini. Maka pada minggu ini zona tersebut meningkat menjadi 9 kabupaten dan kota,” tandasnya. [ray]

Next Post

Rykadan Capital's Proposed Share Buy-back at a Premium Offer Price of HK$0.68 per Share Seeking Approval from Independent Shareholders at the Extraordinary General Meeting on 23 November 2020

HONG KONG, Nov 11, 2020 – (ACN Newswire) – Rykadan Capital Limited (stock code: 2288) will be holding Extraordinary General Meeting (“EGM”) on 23 November 2020 (Monday) at Room 1, 10/F, United Centre, 95 Queensway, Admiralty, Hong Kong at 1:00 p.m. for approving the Proposed Share Buy-back announced earlier in […]