Jakarta () – Merawat kesehatan kulit dan rambut rupanya tidak melulu soal pemilihan produk skincare dan haircare yang bagus, namun juga harus diperhatikan benda-benda yang senantiasa menempel pada wajah dan rambut kita.

Sarung bantal dan ikat rambut adalah benda-benda yang sering bergesekan dengan kulit wajah dan rambut selama tidur.

Apakah benda-benda tersebut membantu perawatan atau justru menjadi penyebab permasalahan kulit wajah dan rambut?

"Kebersihan benda-benda yang bersentuhan dengan kulit wajah kita harusnya lebih diperhatikan. Apalagi sarung bantal salah satu benda yang sering bersentuhan dengan wajah selama kita tidur semalaman," kata dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Listya Paramita, Sp.KK dalam peluncuran Luxury Gift Set dari Mulsk beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu disarankan untuk memilih bahan sarung bantal dan ikat rambut yang baik sehingga bisa memaksimalkan kinerja skincare atau haircare yang dipakai. 

"Jadi harus dipilih yang benar-benar memiliki manfaat untuk kulit. Bayangkan kalau kalian nggak pakai sarung bantal yang tepat, seperti katun yang memiliki sifat menyerap, bisa mengambil kelembaban alami dari kulit dan rambut," kata dia.

Dikutip dari New York Times, bahan sutra mampu mengurangi gesekan pada kulit atau rambut saat tidur sehingga bisa mengurangi kerutan atau rambut rapuh.

Selain itu, sarung bantal sutra tidak akan menyerap kelembapan seperti layaknya sarung bantal katun sehingga kulit akan tetap terhidrasi.

Artinya, sarung bantal sutra tak akan menyerap serum atau produk skincare yang sedang diaplikasikan saat tidur sehingga pemakaian skincare bisa maksimal.

Klaim lainnya adalah kemampuannya mencegah munculnya jerawat karena sutra mengandung protein alami yang disebut Sericin yang berguna untuk mengurangi kemungkinan reaksi alergi.

Ratu Ghania, seorang beauty enthusiast yang akrab disapa Ratu mengaku permasalahan kulit wajahnya juga disebabkan oleh sarung bantal.

"Selama ini aku udah coba beberapa skincare hingga treatment, tapi ngaruhnya lama. Selama ini, aku sepelekan pakai sarung bantal katun yang biasanya, jadinya skincare-ku enggak nyerap sempurna," ujar Ratu.

Ratu Ghania yakin produk sarung bantal dari yang berbahan 100 persen sutra murbei mampu membantu perawatan kulit wajahnya dan memaksimalkan kinerja skincare yang ia pakai.

Jenama lokal Mulsk baru saja merilis Luxury Gift Set berisi perlengkapan tidur berbahan sutra murbei murni yang berkualitas. Selain produk sarung bantal yang telah dipasarkan lebih dulu, Mulsk kini menghadirkan produk terbaru berupa eye mask dan scrunchie ke dalam paket mewahnya.

Kedua produk ini juga kaya manfaat untuk kulit dan rambut.

"Eye mask Mulsk ini pakai 100 persen mulberry silk juga. Jadi selain bikin tidur lebih lelap, juga punya nilai tambah buat maksimalkan eye serum. Ada scrunchie yang halus jadi nggak bikin rambut kalian kusut," kata Shandy Purnamasari selaku pemilik Mulsk.

"Kalau biasanya lepas ikatan rambut itu banyak rambut yang ikut rontok. Nah, pakai scrunchie Mulsk dijamin rambut bakal tetap rapi karena bahan mulberry silk yang pasti lembutnya," katanya.

Shandy menyebut seluruh produk keluaran Mulsk telah lolos uji klinik dermatologi sehingga tidak akan membahayakan pengguna dari segi kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut.

Luxury Gift Set terbaru dari Mulsk juga dilengkapi oleh gentle wash yang khusus untuk produk-produk berbahan sutra murbei dan bed time pillow spray yang memberikan efek menyegarkan agar tidur lebih lelap. Paket mewah ini hadir dalam dua pilihan, yakni Rich Gold dan Rich Silver.

"Semenjak pakai Mulsk, sudah mulai terasa manfaat dari skincare yang aku pakai. Jadi selain aku senang karena berkurangnya radang di jerawatku, kinerja skincare-ku rasanya juga jadi cepat," kata Ratu.

Baca juga: Sudah tepatkah langkah mengaplikasikan serum? Ini tipsnya

Baca juga: Kandungan vitamin C tertinggi, ekstrak kakadu bagus untuk kulit

Baca juga: Luna Maya nyesal tak pakai "skincare" sejak dini
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021