Breaking News in Indonesia

Sama-Sama Eksotik, Ini Kemiripan Kucing Bengal dan Serengeti

Kucing memang berkerabat dekat dengan hewna buas seperti macan, bahkan ada beberapa ras yang memiliki tampilan yang sangat mirip, seperti Bengal dan Serengeti. Saking miripnya, sulit untuk membedakan keduanya karena beberapa kemiripannya, baik dalam fisik maupun kepribadian.

Serengeti Keturunan Bengal

©shutterstock

Sama-sama mirip kucing liar, ras Bengal sendiri didapatkan dari persilangan Asian Leopard dan American Shorthair. Pertama kali diperkenalkan oleh Jean Sudgen Mill pada tahun 1960-an, Bengal baru secara resmi diakui oleh International Cat Association pada 1991.

Sedangkan Serengeti dikembangbiakkan oleh Karen Sausman dengan menyilangkan Oriental Shorthair dan Bengal. Uniknya, tujuan pertama ahli biologi konservasi itu datang dari idenya menentang pemeliharaan satwa langka, dengan mengembangkan ras kucing domestik yang memiliki penampilan eksotik mirip hewan liar.

Sama-Sama Kekar

Walau tak sebesar ras Maine Coon, baik Bengal dan Serengeti memiliki tubuh yang berotot dan atletis. Umumnya, Bengal bisa mencapai berat 4-7,5 kilogram yang lebih besar ketimbang kucing rumahan. Sedangkan Serengeti meskipun lebih kecil namun cukup lincah dengan kaki panjang yang bikin penampilannya terlihat anggun.

Corak Bulu Eksotik

©shutterstock

Jika diamati, bulu kucing Bengal tampak berkilauan seperti ditaburi oleh debu keemasan. Uniknya, ras ini juga merupakan satu-satunya ras kucing domestik dengan tanda roset atau motif mirip mawar. Pola bintik yang menghiasi bulu tebal dan halus ini pun memiliki variasi warna seperti cokelat, hitam, hingga keemasan.

Punya kemiripan fisik, bulu kucing Serengeti pendek dan sehalus sutra. Motif dan warna bulunya pun bervariasi dari bintik-bintik perak, keunguan, cokelat, hitam hingga bintik-bintik berjarak lebar dengan warna cokelat tua. Bahkan ada juga yang memiliki bulu berwarna dasar hitam dengan bintik berwarna sama, yang membuatnya terlihat seperti jaguar mini.

Sama-Sama Lengket pada Pemiliknya

©shutterstock

Berbeda dengan kerabatnya di hutan, Bengal termasuk hewan sosial yang senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Setia dan penyayang, sayangnya kurang perhatian atau aktivitas fisik bisa mendorongnya melakukan kerusakan di sekitarnya. Oleh karena itu, pertimbangkan memiliki cukup waktu untuk mengajaknya bermain atau memiliki kucing lain untuk menemaninya.

Serengeti pun tak jauh beda. Mendapat julukan Velcro Cat, kucing ini cenderung mengikuti pemiliknya ke manapun pergi. Bedanya, meskipun menyukai perhatian, Serengeti lebih aman saat ditinggal seharian di rumah. Cukup dengan meninggalkan berbagai mainan dan menyediakan tempat memanjat untuk membuatnya tetap sibuk.

©shutterstock

Sama-sama menggemaskan, kucing aktif dan berbulu indah wajib dijaga tetap sehat. Salah satunya dengan memilih brand makanan kucing kering yang berkualitas seperti Muezza. Selain memprioritaskan nutrisi yang sehat dan seimbang dari bahan-bahan alami, cat food ini juga bebas dari bahan sintetik yang berbahaya bagi kesehatan kucing.

Muezza pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, yang bikin pemilik kucing lebih leluasa dalam merawat hewan peliharaannya, termasuk memberikan makanan secara langsung atau membersihkan mangkuk makannya. Tersedia dalam 4 varian favorit kucing, segera dapatkan Muezza yang dijual di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]