Breaking News in Indonesia

Sahabat Soe Hok Gie, Herman Lantang Meninggal Dunia

Herman Lantang, salah satu pendiri organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) meninggal dunia. Dia meninggal sekitar pukul 03.00 WIB di RSUD Tangerang Selatan, pada hari ini, Senin (22/3/2021).

“Telah dimuliakan Bapa di Sorga, Papa, Opa, Buyut, Om, Bung kami yang terkasih: Herman Onesimus Lantang,” tulis akun instagram pribadinya @hermanlantangcamp dikutip Liputan6.com.

Namun tak dijelaskan penyebab meninggalnya sahabat Soe Hok Gie ini.

“Kiranya seluruh keluarga dan kerabat yang ditinggalkan diberi ketabahan, Tuhan Yesus memberkati,” demikian tulis akun tersebut.

Herman Lantang adalah mantan mahasiswa jurusan Antropologi di FSUI dan juga mantan ketua senat Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1960 an.

Sahabat Soe Hok Gie

Herman Lantang juga salah satu pendiri Mapala UI dan pernah menjabat sebagai ketuanya pada tahun 1972 – 1974.

Herman Lantang adalah sahabat dari Soe Hok Gie yang pernah menjadi inspirator gerakan demo long march mahasiswa UI untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno pasca G30 S dan semasa Tritura.

Herman Lantang dilahirkan di sudut kota kecil Tomohon, sebuah kota administrasi di provinsi Sulawesi Utara, 67 tahun silam. Dalam buku baptisnya ia diberi nama: Herman Onesimus Lantang.

Reporter: Fachrur Rozie [ray]