Breaking News in Indonesia

Rusia Deteksi Kasus Pertama Penularan Flu Burung ke Manusia

Rusia Deteksi Kasus Pertama Penularan Flu Burung ke Manusia

Pada Sabtu, Rusia menyampaikan para ilmuwannya mendeteksi kasus pertama penularan flu burung H5N8 ke manusia dan telah memperingatkan WHO terkait temuan ini.

“Informasi terkait kasus pertama penularan flu burung (H5N8) ke manusia telah dikirim ke WHO,” jelas kepala pemantau kesehatan Rusia Rospotrebnadzor, Anna Popova, dalam sebuah pidato di televisi, dikutip dari Al Arabiya, Minggu (21/2).

Varian dengan tingkat penularan tinggi ini mematikan untuk unggas tapi belum pernah dilaporkan virus ini menyebar ke manusia.

Popova menyampaikan, para ilmuwan di laboratorium Vektor Rusia telah mengisolasi materi genetik varian tersebut dari tujuh pekerja di sebuah peternakan unggas di Rusia selatan, di mana wabah yang menginfeksi burung tersebut dilaporkan pada Desember

Dia menambahkan, para pekerja tak mengalami penyakit parah.

Popova memuji “temuan ilmiah penting” ini, mengatakan waktu akan menjawab apakah virus bisa bermutasi lebih jauh.

“Penemuan mutasi ini ketika virus masih belum memiliki kemampuan menular dari manusia ke manusia memberikan kita semua, seluruh dunia, waktu untuk mempersiapkan kemungkinan mutasi dan melakukan tindakan yang memadai dan cepat,” jelasnya.

Berlokasi di Koltsovo, di luar kota Novosibirsk, Siberia, Pusat Virologi dan Bioteknologi Negara Vektor telah mengembangkan salah satu vaksin virus corona. Di era Soviet, laboratorium sangat tertutup itu melaksanakan penelitian senjata biologi rahasia dan masih menyimpan sejumlah virus mulai dari Ebola sampai cacar. [pan]