Breaking News in Indonesia

Resmikan Tol Kunciran-Cengkareng, Jokowi Minta Pemda Tarik Investor Lebih Banyak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar bisa menarik para investor lebih banyak. Hal tersebut seiring dengan dibangunnya infrastruktur Jalan Tol Serpong – Cinere Ruas Serpong – Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran.

“Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrastruktur ini sebagai keunggulan dan moda penting untuk menarik investasi lebih banyak investasi yang datang,” kata Jokowi di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (1/4).

Dia berharap dengan adanya tol tersebut bisa mengembangkan usaha baru. Sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan. “Agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-seluasnya,” ungkapnya.

Jokowi mengatakan dengan adanya jalan tol tersebut dapat memudahkan mobilitas masyarakat serta distribusi barang. Sehingga kata dia tidak hanya menghubungkan antarwilayah tetapi juga meningkatkan daya saing di daerah.

“Membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya, dan mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif,” katanya.

Diketahui Jalan Tol JORR 2 terbagi menjadi 6 ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Kunciran – Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong – Cinere (10,14 Km). Lalu, Jalan Tol Cinere – Jagorawi (14,64 Km), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (25,39 Km), Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34,02 Km).

Kemudian, Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran sendiri sepanjang 14,19 Km terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) Sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Serta Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km. [bal]