Rayakan Kemenangan Persija di Bundaran HI, Polisi Sebut Tak Ada Pemberitahuan

Polda Metro Jaya telah mengamankan sejumlah suporter sepak bola The Jakmania di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada Minggu (25/4). Mereka yang diamankan saat melakukan konvoi usai tim kesayangannya itu juara Piala Menpora 2021.

Kepala Biro Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto mengatakan, tak adanya komunikasi terkait kegiatan konvoi yang dilakukan pada malam tersebut.

“Iya (tidak ada pemberitahuan), ini memang tidak ada pemberitahuan kepada pihak kami, maupun juga kepada kepolisian yang terdekat sama sekali. Jadi dalam hal ini kami akan melakukan penegakan hukum secara proposional,” kata Marsudianto kepada wartawan, Senin (26/4).

Oleh karena itu, pihaknya akan berkomunikasi dengan pengurus The Jakmania ataupun manajemen Persija Jakarta terkait kegiatan yang dilakukan di Bundaran HI tersebut.

“Iya itu yang nanti akan kami komunikasikan. Nanti pengurusnya juga akan kami periksa, kami ambil keterangan sebagai saksi dulu,” ujarnya.

Selain itu, dirinya mengaku pihaknya akan bersiaga jika memang terjadinya kejadian serupa itu terjadi lagi di wilayah hukumnya.

“(Antisipasi kejadian serupa) Nanti pada jadwal yang berikutnya lagi apabila memang ada indikasi demikian akan kami siagakan lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Suporter klub sepak bola Persija Jakarta melakukan selebrasi. Ekspresi kegembiraan itu dilakukan setelah Persija Jakarta mengungguli Persib Bandung dalam Piala Menpora.

Saat selebrasi tersebut, sejumlah orang ditangkap polisi. Mereka diduga melanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang saat ini diberlakukan Pemprov DKI Jakarta menindaklanjuti kondisi pandemi Covid-19.

“Kami masih lakukan penyelidikan, tentunya yang pasti karena adanya kumpul-kumpul semacam ini sudah melanggar PPKM yang mana sekarang ini masih berlaku. Inilah yang nanti akan kami lakukan penegakan hukum terhadap mereka-mereka yang melakukan ajakan-ajakan untuk berkumpul di sini,” kata Karo Ops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto, di Bundaran Hotel Indonesia, Senin (26/4).

Selain itu, polisi juga menangkap satu orang yang kedapatan membawa satu linting ganja. Bahkan saat ditangkap, pemilik ganja tersebut berupaya menghilangkan barang bukti.

“Satu linting saja tadi. Itu ketika ditangkap dia buang,” jelasnya.

Marsudianto menambahkan, ada yang ditangkap karena kendaraannya menggunakan knaplot tak sesuai standar. Sementara sisanya yang melakukan perlawanan ketika dibubarkan oleh pihak kepolisian.

“Karena knalpotnya bising dan diajak untuk bubar tidak mau tetap ngeyel ya itu yang akan kami lakukan penindakan,” ucap dia.

Marsudianto menerangkan, para suporter Persija Jakarta yang ditangkap sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. [fik]