Jakarta () – Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang kembali dilakukan di tengah pandemi rupanya bisa menjadi salah satu cara mengeratkan silahturahmi keluarga besar karena bisa diadakan secara virtual.

Di samping itu, dengan cara demikian keluarga bisa mengajarkan bersama- sama konsep nasionalisme dari peringatan kemerdekaan Indonesia yang saat ini sudah menyentuh angka 76 tahun meski terpisah jarak dan waktu.

"Kalau dulu ya kita merayakannya sama tetangga ya bikin lomba- lomba. Kalau sekarang kan belum bisa kayak gitu, nah adakan saja bikin acara virtual bersama grup keluarga besar. Bikin lomba tebak lagu daerah, atau tebak tokoh pahlawan nasional. Nanti yang menang bisa dapat hadiah. Jadi merayakan hari kemerdekaan untuk mengingat perjuangan pahlawan di tengah pandemi ini bisa lewat mana saja," kata Psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) Ajeng Raviando kepada , Minggu.

Ajeng menyebutkan dengan kreativitas dan keaktifan orang tua yang memiliki buah hati berusaha menghadirkan suasana perayaan kemerdekaan maka konsep peringatan sebuah perjuangan di masa sulit bisa tersampaikan dengan baik kepada anak.

Anak- anak pun bisa memiliki memori yang baik tentang peringatan hari kemerdekaan yang menjadi salah satu jalan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Baca juga: Memaknai kemerdekaan RI ala Rossa

Agar semakin terasa suasana perayaannya, anak- anak juga bisa ikut terlibat pada saat menyiapkan perayaan kemerdekaan saat di rumah.

Misalnya pada saat akan memasang Bendera Merah Putih di depan rumahnya sebagai simbol perayaan kemerdekaan sekaligus mengapresiasi perjuangan para pahlawan yang gugur memperjuangkan kebebasan Indonesia dari para penjajah.

Atau orang tua bisa mengajak anak menghias kamarnya dengan pernak- pernik khas perayaan kemerdekaan dengan membuat bendera- bendera mini atau menggunakan kostum yang berkaitan dengan perayaan hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Dengan cara- cara itu. Anak-anak tetap bisa mengingat perayaan kemerdekaan tetap diperingati dengan cara yang asyik. Anak jadi bisa terinspirasi untuk bisa menghormati dan menghargai (makna kemerdekaan). Itu bukan hal yang sulit untuk orang tua lakukan meski di rumah saja," katanya.

Baca juga: Berkat dan kekuatan Indonesia Raya

Baca juga: Ancol menggandeng Purna Paskibraka DKI untuk HUT Ke-76 RI

Baca juga: Ikuti perayaan HUT RI, apa manfaatnya bagi anak-anak?

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021