Jakarta () – Mie dalam gelas yang bisa diseduh air panas dan langsung disantap di tempatnya menjadi pilihan makanan praktis, terutama ketika sedang bepergian. Kali ini ada makanan baru dengan konsep serupa, tetapi isinya bukan mie instan yang bisa disiapkan dalam tiga menit, melainkan mie ramen khas Jepang dengan isian lengkap, pugasan menggugah selera dan rasa yang kaya serta bervariasi.

Restoran Naked Ramen di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, menyajikan mie ramen khas Negeri Sakura dengan kemasan unik. Dinamakan "naked" alias "telanjang" dari bahasa Inggris karena mie ini memang disajikan dalam gelas transparan, sehingga isinya bisa dilihat secara jelas.

Dari kemasannya, restoran ini mengusung konsep "Ramen to Go", artinya makanan ini memang bisa dinikmati di mana saja, tak harus sambil duduk manis di meja restoran. Ini bisa jadi makanan pilihan untuk Anda yang sedang buru-buru dan punya mobilitas tinggi.

Setiap gelas dilengkapi dengan penutup, tertempel stiker bertuliskan nama menu di tutupnya, sehingga ramen tak mudah tertukar. Saat memesan dalam jumlah banyak, gelas-gelas isi ramen diletakkan dalam karton tatakan gelas sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

Naked Ramen (/Nanien Yuniar)

Naked Ramen memiliki enam varian rasa, yakni Plant Based Ramen khusus untuk konsumen yang hanya menyantap sayuran. Mie yang satu ini dihiasi dengan mapo tofu, kacang garbanzo goreng, jagung dan wijen panggang.

Kemudian Miso Gar-lick Chicken Ramen yang berisi mie dengan ayam teriyaki, telur onsen alias telur rebus setengah matang yang tidak amis lengkap dengan bawang putih. Penyuka pedas bisa mencicipi Vitamin Sea Samyang Ramen yang dihiasi dengan baso lobster, baso ikan, telur onsen, jagung dan nori.

Ada juga Meat Mala Ramen yang gurih, berisi telur onsen, spam ayam dan brisket sapi yang gurih dan menambah rasa lezat dalam segelas ramen. Walaupun biasanya saus mala terasa pedas, ramen ini bisa dinikmati orang yang tidak biasa makan pedas. Rasa gurih menggoda lidah dapat dicoba dalam menu Truffle Maker Ramen yang diberi bumbu truffle soy ramen, ayam teriyaki, telur onsen, jagung dan kulit wonton yang renyah.

Pilihan lainnya adalah Creamy Miso Carbonara yang berisi brisket sapi, spam ayam, telur onsen dan bawang putih. Semuanya dibalut dengan saus miso carbonara yang creamy.

Untuk pilihan rasa di luar varian Plant Based Ramen, konsumen yang memang vegetarian juga bisa menikmatinya dengan memilih versi Plant Based untuk setiap menu. Selain itu, konsumen juga bisa memilih isian, apakah daging ayam, seafood atau daging (brisket dan spam ayam). Anda juga bisa memilih shirataki bila ingin mengurangi asupan kalori.

Semuanya disajikan tanpa kuah. Tetapi adanya telur onsen yang enak bila diaduk hingga tercampur ke semua lapisan mie membuat ramen yang satu ini punya tampilan mirip mie nyemek, sedikit berkuah tapi tidak terlalu basah. Agar rasanya lebih merata, coba aduk sampai betul-betul tercampur, kemudian nikmati. Dilihat dari tampilannya, ramen ini terkesan punya porsi kecil.

Namun ternyata ramen dalam gelas ini cukup mengenyangkan perut karena memiliki berbagai isian. Setelah mie tandas, Anda bisa menyeruput sisa kuah yang gurih di dasar gelas.

Menu-menu di restoran ini punya kisaran harga Rp39.000 dan Rp58.000. Naked Ramen sebelumnya dibuka di Urban Farm, PIK pada April 2021 dan cabang kedua dibuka pada November di AEON Mall Sentul City, Bogor.

Baca juga: teamLab Planets Tokyo buka museum seni bertema ramen vegan

Baca juga: Restoran Jepang buat ramen siap saji khusus untuk Indonesia

Baca juga: Resep Chapaguri ala film "Parasite" dari Devina Hermawan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021