Breaking News in Indonesia

Punya Kemiripan Warna dan Pola Bulu, Ini Beda Kucing Ragdoll dan Siam

Banyak catlover yang masih bingung membedakan mana kucing Ragdoll dan Siam karena kesamaan warna dan motif bulunya. Namun, keduanya sebenarnya sangat berbeda, baik fisik maupun sifatnya. Jika masih bingung menentukan ras yang tepat untuk dipelihara di rumah, simak penjelasannya berikut ini.

Asal

©Shutterstock

Siam merupakan salah satu ras kucing tertua dari Thailand. Dibawa pertama kali ke AS tahun 1800-an sebagai hadiah untuk Presiden Rutherford B. Hayes, kini kucing cantik ini termasuk salah satu ras terpopuler di Negeri Paman Sam. Sebaliknya Ragdoll dikembangkan di California pada tahun 1960-an. Dianggap lebih baru, kucing berukuran besar ini berasal dari persilangan ras lainnya seperti Anggora, Birma, dan Persia.

Penampilan

©Shutterstock

Walau punya pola dan warna bulu yang mirip pada cakar, kaki, dan wajah, keduanya memiliki penampilan yang berbeda. Ragdoll cenderung lebih besar dengan bulu yang cukup panjang, sedangkan Siam punya bulu pendek dan halus, serta ukuran tubuhnya lebih kecil. warna bulu Ragdoll pun lebih bervariasi seperti abu-abu, oranye, coklat, hingga krem.

Kepribadian

©Shutterstock

Punya kepribadian yang berbeda, kucing Siam merupakan anabul yang energik dan menuntut perhatian. Ras ini tidak sungkan menunjukkan keinginannya lewat suaranya dan cenderung lebih mudah depresi jika diabaikan atau dibiarkan sendiri terlalu lama.

Sebaliknya Ragdoll lebih tenang, suka bersantai, bahkan saat digendong akan melemaskan tubuhnya dan bikin siapa pun gemas untuk memeluknya. Anabul ini pun jauh lebih mandiri meskipun tetap membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya setiap hari. Namun berbeda dengan Siam yang ramah, ragdoll sulit rukun dengan hewan peliharaan lainnya.

Perawatan

©Shutterstock

Kucing Siam membutuhkan lebih banyak perhatian daripada Ragdoll. Oleh karena itu, ras ini tidak cocok dijadikan peliharaan mereka yang sibuk bekerja dan tidak punya banyak waktu luang. Agar Siam tetap terhibur, berikan mainan yang membuatnya sibuk berjam-jam. Walau mampu merawat dirinya sendiri, Ragdoll membutuhkan lebih banyak perawatan karena bulu yang tebal dan halus.

Keduanya perlu diberi makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang, terutama dengan kadar protein yang tinggi dari sumber alami, seperti Muezza. hanya menggunakan bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi modern, brand makanan kucing kering ini memiliki nutrisi yang lengkap dengan kadar seimbang untuk jaga anabul tetap sehat.

©Merdeka

Selain bebas dari bahan sintetik, Muezza juga dibuat dengan memperhatikan aspek halal. Buktinya, dry food ini berhasil mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain bebas was-was saat memegang makanannya atau terjilat kucing, juga lebih leluasa membersihkan peralatan makan atau mencari lokasi penyimpanannya.

Ada 4 varian rasa yang cocok di lidah kucing seperti Tuna Flavor, Salmon Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Mackerel Flavor. Dapatkan keempat variannya dengan memesannya di marketplace favoritmu seperti Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [wri]