Breaking News in Indonesia

Puluhan Warga di Garut Mengungsi Akibat Pohon Beringin Tumbang

Sebuah pohon beringin yang ada di pinggir sungai Cimanuk wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Senin (31/5) malam tumbang. Tumbangnya pohon beringin itu menyebabkan dua rumah mengalami kerusakan, dan puluhan warga terpaksa mengungsi sementara.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan menyebut, lokasi pohon beringin yang tumbang berada di Kampung Leuwidaun, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

“Pohon itu tumbang sekitar pukul 21.00. Diduga tumbangnya pohon ini karena faktor usianya yang sudah cukup tua sehingga lapuk,” katanya, Selasa (1/6).

Pohon beringin dengan diameter sekitar 100 sentimeter dan tinggi 20 meter itu saat tumbang menimpa dua rumah yang ada di sekitarnya, yaitu milik Sobar dan Eman. Kedua rumah yang tertimpa tersebut pun mengalami rusak berat.

Tubagus memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tumbangnya pohon beringin tersebut.

“Namun ada 4 KK yang berisi 20 jiwa terpaksa harus mengungsi. Di rumah Sobar ada 2 KK 9 jiwa yang satu diantaranya bayi 2 bulan. Di rumah Eman ada 2 KK juga, yang berisi 11 jiwa,” ungkapnya.

Saat ini, dikatakan Tubagus, pihaknya bersama TNI, Polri, Disdamkar, dan masyarakat sekitar tengah melakukan upaya evakuasi pohon yang menimpa dua rumah tersebut.

“Proses evakuasi terkendali kondisi pohon yang cukup besar. Selain itu juga sebagian pohon ada yang menjulur ke sungai. Jadi kita harus betul-betul hati-hati saat melakukan evakuasi,” tutupnya. [fik]