Breaking News in Indonesia

Pujian hingga Stres, Ini 4 Alasan Di Balik Kebiasaan Kucing Menjilati Pemiliknya

Pujian hingga Stres, Ini 4 Alasan Di Balik Kebiasaan Kucing Menjilati Pemiliknya

Tiba-tiba merasakan sesuatu yang hangat dan basah mengenai kulitmu? Ada yang merasa risih atau sebaliknya kegirangan, ternyata ada sejumlah alasan yang berbeda saat kucing peliharaan menjilat pemiliknya.

Dianggap Keluarga

©2021

Salah satu alasan kucing menjilat pemiliknya adalah saat hewan peliharaan menerimamu sebagai anggota keluarga dan merasa benar-benar aman saat bersamanya. Kucing mungkin akan mengingat bagaimana induknya melakukan hal yang sama untuk membersihkan bulunya.

Begitu juga anak kucing saling merawat satu sama lain, dengan membantu membersihkan bulu di titik-titik yang sulit dijangkau seperti bagian atas kepala dan di dalam telinga. Kini, kucing mengadopsi cara tersebut untuk merawat dan meningkatkan ikatan dengan orang-orang terdekat.

Menandakan Kepemilikan

©2021

Menjilat juga jadi cara kucing untuk menandai wilayahnya, baik pada benda-benda, mainan kucing, hewan lain, atau pemiliknya dengan aromanya. Hal ini akan memberi tahu kucing lainnya untuk menjauh dari benda atau manusia yang sudah jadi miliknya.

Menunjukkan Perhatian

©2021

Bagi seekor kucing, menjilat pemiliknya merupakan versinya sendiri untuk menunjukkan kasih sayang. Mirip mengelus atau membelai, kucing juga memberikan pujian yang besar karena sudah memberikan rasa aman dan nyaman.

Kecemasan

©2021

Terkadang alasan di balik hobi kucing menjilati pemiliknya tidak selalu positif. Beberapa kucing yang mengalami stres akan menjilati secara berlebihan dalam usahanya untuk menghibur diri. Bukan hanya menjilat manusia, tapi juga menjilat dan menghisap benda-benda lainnya seperti kain atau plastik.

Hal ini juga seringkali dialami kucing yang baru beranjak dewasa, dengan mengaitkan kebiasaan menjilat sebagai pengganti empeng. Memberikan kenyamanan, biasanya kucing akan terus melakukannya sambil disertai dengkuran dan senyuman di wajahnya.

Bagi yang merasa risih atau sakit saat dijilat kucing, coba alihkan perhatiannya dengan mainan. Hindari berteriak atau menunjukkan reaksi fisik yang kasar misalnya mendorong bahkan memukulnya. Faktanya, liur kucing sendiri sebenarnya nggak najis, tapi ada baiknya lebih cermat memilih makanan yang sudah berlabel halal seperti Muezza.

©muezza

Terbuat dari bahan alami, aman, dan halal, cat food berkualitas ini diolah dengan teknologi modern, tanpa tambahan bahan sintetik. Sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, kucing jadi lebih sehat dan pemiliknya pun bebas cemas saat tanpa sengaja terkena liur kucing.

Begitu juga saat membersihkan wadah makan, menyimpan cat food, memegang makanannya secara langsung, hingga membawanya bepergian. Muezza hadir dalam 4 varian rasa lezat seperti Salmon, Tuna, Mackerel, dan Ocean Fish, lengkap dengan tekstur yang disukai kucing. Makin yakin memilih Muezza sebagai makanan kucing kesayangan sehari-hari? Borong sekarang juga dengan memesannya secara online via Shopee maupun Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [aki]