Jakarta () – Retinol dikenal sebagai salah satu bahan aktif yang mampu mencegah dan memperbaiki tanda penuaan, seperti kerutan halus, kulit yang kendur, warna kulit yang gelap, pori-pori tersumbat, dan menghilangkan tampilan kulit kusam.

Bahan aktif ini juga diketahui membantu meningkatkan produksi kolagen dan asam hyaluronat secara alami di dalam lapisan kulit, menebalkan kulit, sekaligus meningkatkan pergantian sel kulit untuk memperbaiki tekstur yang kasar dan kusam. Hydrogenated retinol termasuk retinol yang terbukti secara klinis lebih stabil dan lembut untuk semua jenis kulit, sehingga penggunaan retinol menjadi lebih nyaman di kulit.

Mengetahui manfaat dari retinol ini, maka skincare yang mengandung retinol pun cenderung dicari para penggemar perawatan kulit yang berpengalaman, menurut Founder & Formulator dari Votre Peau Skin Care dr. Ricky Fernando Maharis Sp.KK.

"Masyarakat Indonesia sudah lebih teredukasi untuk memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah mereka. Skincare yang mengandung retinol cenderung dicari oleh skincare enthusiast yang sudah lebih berpengalaman," kata dia melalui siaran persnya, Selasa.

Ricky pun menambahkan retinol ke dalam salah satu produk terbarunya, yakni Votre Peau Retinol Eye Cream. Krim yang diformulasikan khusus untuk kulit di area mata ini mengandung 1 persen hydrogenated retinol dan juga arginine sebagai bahan aktifnya.

Retinol, yaitu turunan dari vitamin A dikatakan mampu membantu mengurangi permasalahan di area mata, seperti kerutan dan warna kehitaman di sekitar mata, membuat kulit tampak lebih segar dan sehat. Sementara arginine merupakan protein yang bermanfaat sebagai akselerator untuk mendorong meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerutan halus dan membuat kulit lebih kencang dan kenyal.

Baca juga: Scarlett rilis dua serum baru

Menurut Ricky, pihaknya menghabiskan waktu lebih dari tiga tahun untuk research and development, serta lebih dari puluhan kali trial & error untuk mendapatkan tekstur produk yang luxurious dengan formulasi yang lembut bagi kulit sekitar mata.

"Kami memanfaatkan retinol sebagai bahan aktif utama yang merupakan derivat vitamin A (carotenoid) yang pada umumnya sering ditemukan pada buah-buahan dan sayur berwarna merah seperti wortel. Seperti yang diketahui, kulit sekitar mata cenderung lebih tipis dan sensitif dibandingkan daerah lain di wajah," jelas dia.

"Kami yakin krim mata ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia," sambung Ricky.

Untuk memperoleh hasil maksimal, dr. Ricky menyarankan Votre Peau Retinol Eye Cream digunakan hanya pada malam hari, dimulai dengan 2-3 kali seminggu di awal penggunaan, dan kemudian bisa ditingkatkan sesuai dengan toleransi kulit masing-masing.

Dia menyarankan para pengguna mengaplikasikan krim pada wajah dengan cara menepuk-nepuk perlahanan kulit area sekitar mata. Jangan lupa dengan higienitas. Maka dari itu selalu gunakan spatula untuk mengambil krim dari jar atau kemasannya. Selain itu, Ricky juga mengingatkan pentingnya penggunakan tabir surya di pagi atau siang hari untuk memberikan proteksi lebih kepada kulit yang telah menggunakan retinol.

Baca juga: Retinol si Penangkal Penuaan Dini

Baca juga: Mengenal bakuchiol, calon bintang "skincare" di 2021

Baca juga: Mary Kay lanjutkan komitmen perawatan kulit dengan toleransi retinol

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022