Breaking News in Indonesia

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Kalteng di Istana Negara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dan Edy Pratowo masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5). Sebelum memulai pelantikan, mereka memasuki ruang kredensial Istana Merdeka untuk menghadap Jokowi.

Mereka menerima petikan surat keputusan presiden. Setelah itu, Jokowi dan Ma'ruf Amin melakukan kirab bersama dengan Sugianto dan Edy calon kepala daerah dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomer 76/P/2021 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, 2021-2024. Pelantikan pun dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Sebelumnya Jokowi pun bertanya kepada mereka untuk bersedia bersumpah menurut agama Islam.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya,” ucap mereka serentak saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5).

“Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” lanjut mereka.

Diketahui Sugianto dan Edy ditetapkan sebagai gubernur dan wagub terpilih dengan perolehan suara 536.128 suara pada Pilkada Serentak tahun 2020. Sugianto Sabran merupakan gubernur petahana Kalteng. Sugianto sudah menjabat sebagai gubernur sejak 25 Mei 2016 lalu. Kemudian maju kembali untuk periode kedua pada pilkada 2020 lalu. [ded]