Presiden Jokowi Hadiri KTT Ke-37 ASEAN Secara Virtual

Irene

Presiden Jokowi Hadiri KTT Ke-37 ASEAN Secara Virtual

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (12/11). Pada KTT kali ini, Vietnam bertindak selaku tuan rumah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengikuti lima KTT melalui konferensi video, antara lain KTT Pleno ke-37 ASEAN, KTT ke-23 ASEAN dengan RRT, KTT ke-21 ASEAN dengan Korea Selatan, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, serta KTT ke-17 ASEAN dengan India.

Turut hadir mendampingi Jokowi yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Tetap RI untuk ASEAN Ade Padmo Sarwono.

KTT akan membahas langkah bersama untuk mencegah dampak yang lebih luas dari pandemi Covid-19 bagi kawasan dengan menekankan prioritas kerja sama di 2021, khususnya terkait keberadaan dan produksi vaksin bagi kawasan.

KTT juga akan membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan mitra untuk menangani dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19.

Dikutip dari laman kemlu.go.id salah satu inisiatif yang diusung oleh Indonesia pada KTT ini adalah upaya membangun komitmen bersama ASEAN untuk segera membuka kembali konektivitas dan memulihkan kegiatan ekonomi di ASEAN melalui ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA). TCA diharapkan mempermudah akses perjalanan bagi para pebisnis di negara-negara ASEAN dalam situasi kenormalan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“KTT ini penting untuk satukan langkah dan memperoleh komitmen ke depan para pemimpin negara mitra ASEAN untuk mengatasi pandemi secara lebih terstruktur, sesuai tenggat waktu yang dibutuhkan agar tidak semakin menunda dampak dari pandemi yang semakin kompleks bagi situasi dunia dan kawasan,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dikutip dari laman kemlu.go.id. [ray]

Next Post

Pasien Sembuh Covid-19 di Boyolali jadi 1.019 Kasus

Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali menyebutkan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah itu hingga Kamis, yang dinyatakan sudah sembuh bertambah sembilan orang, sehingga totalnya menjadi 1.019 kasus. Menurut Kepala Dinkes Boyolali dr Ratri S Survivalina di Boyolali, Kamis (12/11), sembilan orang yang dikonfirmasi positif COVID-19 di Boyolali, dinyatakan sembuh tersebut […]