Presiden Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh

Irene

Presiden Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh

Presiden Joko Widodo memberikan gelar kepahlawanan nasional kepada enam tokoh bangsa. Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional 2020 digelar di Istana Negara, Selasa (10/11) pukul 10.00 WIB.

Adapun, tokoh yang mendapatkan gelar kepahlawanan nasional yakni Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Pol Purn Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, merupakan Kapolri pertama, domisili di DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara.

Kemudian Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara dan Raden Mattaher bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi. Penetapan keenam tokoh tersebut menjadi pahlawan nasional didasarkan atas Keputusan Presiden No 117/TK/Tahun 2020 tentang penganugerahan gelar pahlawan nasional.

Jokowi menyerahkan anugerah tersebut kepada ahli waris masing-masing tokoh yang telah berjasa bagi bangsa dan negara. Sebelum memberikan penghargaan, Jokowi terlebih dahulu memimpin upacara dengan mengheningkan cipta.

Diketahui gelar pahlawan nasional tersebut diberikan sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa yang luar biasa semasa hidupnya. Yaitu pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan kesatuan bangsa. [fik]

Next Post

Sri Mulyani: Perjuangan Paling Berat Adalah Melawan Hawa Nafsu dan Ketamakan Diri

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan institusi yang memiliki peranan yang sangat penting. Di mana institusi ini mengelola keuangan negara untuk mencapai cita-cita bangsa . Sehingga, dalam keseharian di lingkungan Kemenkeu kerap ditemui tantangan sekaligus perjuangan untuk melewatinya. “Jadi sebetulnya seluruh jajaran Kementerian Keuangan adalah mereka yang mampu menunjukkan apakah Anda memiliki […]