Polri Bangga Jenderal Soekanto Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Irene

Polri Bangga Jenderal Soekanto Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dianugerahi gelar pahlawan nasional. Dia merupakan Kapolri pertama yang diakui sebagai peletak dasar struktur, watak, dan falsafah kepolisian Indonesia.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mewakili keluarga besar Polri menyampaikan rasa bangga atas gelar pahlawan nasional yang disematkan pada Jenderal Soekanto.

“Polri beserta keluarga besar merasa bangga akan dianugerahnya Jendral Polisi R.S. Soekanto menjadi pahlawan nasional,” tutur Argo dalam keterangannya, Selasa (10/11).

Menurut Argo, pemikiran dan tindakan Jenderal Soekanto menjadi pondasi Kepolisian Nasional yang sangat dibutuhkan bagi sebuah negara merdeka dan berdaulat. Terlebih di tengah ancaman terhadap integritas Indonesia di masa revolusi, perang dan pergolakan internal dalam negeri.

“Kehadirannya telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia,” jelas dia.

Jenderal Soekanto dilantik sebagai Kapolri pertama pada 29 September 1945. Hari ini, tepat pada Hari Pahlawan, sosok tersebut dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Keberadaan sosok R.S. Soekanto sebagai tokoh bangsa ini, tampak jelas dari pergumulannya dengan lingkungan diri dan dialognya dengan sejarah,” Argo menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Next Post

Tunggu Kepulangan Rizieq, Simpatisan Padati Markas FPI di Petamburan

Simpatisan Rizieq Shihab berkerumun di Jalan Pertamburan III Tanah Abang, Jakarta Pusat hari ini, Selasa (10/11). Salawat terus berkumandang menanti kehadiran Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Pantauan dari FrontTV, ustaz memimpin bacaan Salawat dari atas mobil komando yang kemudian diikuti massa lain. Bendera Merah-Putih, Bendera berlambang FPI, Bendera […]