Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Kampus, Rektor Unisba Surati Kapolda Jabar

Irene

Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Kampus, Rektor Unisba Surati Kapolda Jabar

Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) membuat pengaduan atas tindakan oknum aparat kepolisian yang menembakkan gas air mata ke dalam kampus. Pengaduan dibuat secara tertulis dan ditujukan kepada Kapolda Jawa Barat.

Rektor Unisba, Edi Setiadi mengizinkan Liputan6.com untuk mengutip isi surat tersebut.

Dalam surat bernomor 595/K.08/REK-K/X/2020 dijelaskan, rombongan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang sudah melakukan aksi penolakan terhadap UU Omnibus Law di depan gedung DPRD Provinsi Jawa Barat bergerak ke Unisba. Mereka memaksa masuk ke Unisba karena menghindari tembakan gas air mata dari polisi.

“Kejadian Rabu 7 Oktober 2020. Masuknya mahasiswa ke area kampus di luar kendali kami karena kampus sebenarnya sarana pendidikan yang tidak perlu menerapkan penjagaan baik personel maupun sarana yang sangat ketat,” kata Edi seperti yang dikutip Liputan6.com dari surat tersebut.

Edi menjelaskan, ketika itu ada anggota polisi yang menembakkan gas air mata ke dalam kampus, bahkan terdengar ledakan yang mengarah ke dalam kampus Unisba. Kejadian itu, sampai memecahkan kaca pos penjagaan Unisba.

Ata kejadian itu, Edi meminta pimpinan Polri menertibkan anggotanya supaya tidak bertindak secara berlebihan.

“Dengan kejadian tersebut kami memohon pimpinan Polri dapat mengendalikan anggotanya supaya tidak bertindak berlebihan ke area kampus karena itu fasilitas pendidikan yang bertujuan mencerdaskan bangsa,” ucap Edi.

Edi berharap kejadian ini serupa tak lagi terulang di kemudian hari. “Kami memohon agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, karena kami pun mengetahui tugas dan fungsi kepolisian, terutama tugas mengayomi dan melindungi masyarakat,” tandas dia.

Edi menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan lain di Unisba untuk membahas persoalan tersebut besok.

“Kami baru akan rapim (rapat pimpinan) tentang hal ini besok,” tandas dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [bal]

Next Post

Potret Keakraban Mahasiswa dan Aparat usai Demo Tolak UU Cipta Kerja di Tangerang

Aksi foto bersama petugas keamanan menjadi momen yang paling seru, dilakukan para mahasiswa usai menyampaikan aspirasinya di depan halaman kantor DPRD Tangerang Selatan, di Jalan Raya Puspiptek, Kecamatan Setu. Aktivis Cipayung Plus Tangerang Selatan, yang terdiri dari pelbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan di Tangerang Selatan, mengaku sangat berterima kasih dengan […]