Polisi akan Tutup Ruas Jalan Menuju Gedung Sekretariat ASEAN

Polisi akan melakukan penutupan arus lalu lintas selama 15 menit di beberapa ruas jalan yang mengarah ke Gedung Seketariat ASEAN, Jakarta Selatan. Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

“Nanti menjelang pukul 12.45 WIB sampai 13.00 WIB jalur Sudirman-Thamrin sampai dengan Sisimangaraja sampai dengan kantor Sekretariat ASEAN ini, itu akan kita tutup yang dari arah utara menuju selatan,” ucap Sambodo kepada wartawan, Sabtu (24/4).

Sedangkan untuk arus lalu lintas arah sebaliknya tidak akan ditutup dan masih bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan selebihnya. Sebagaimana diketahui bahwa penutupan jalan ini dilakukan hanya ketika delegasi negara tamu undangan melintas menuju Gedung Sekretariat ASEAN.

“Artiny mulai dari Harmoni, Istana Negara, kemudian Patung Kuda, Semanggi, sampai Bundara Senayan sampai ke CSW, ini akan kita tutup. Tapi dari selatan ke utara masih bisa ngalir,” ujarnya.

Sementara untuk kondisi di sekitaran Gedung Sekretariat ASEAN, Sambodo menjelaskan pihaknya menutup arus lalu lintas sejak pukul 09.00 WIB, hal ini dilakukan terkait skema pengamanan.

“Kemudian Jalan Trunojoyo ini depan Kantor Sekertariat ASEAN pukul 09.00 WIB, kita tutup dari Simpang CSW sampai simpang Mabes Polri. (Penutupan) 2 arah,” terangnya.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten. Kedatangan PM Malayasia tersebut untuk menghadiri KTT ASEAN atau Asean Leaders Meeting yang akan membahas soal krisis Myanmar.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, PM Muhyiddin tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 07.43 WIB. Dia disambut oleh Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto dan Perwakilan Tetap Malaysia untuk ASEAN Kamsiah Kamaruddin.

Selanjutnya, PM Malaysia bersama rombongan terbatas yang menyertainya menuju rangkaian kendaraan yang telah disediakan untuk menuju ruang tunggu VVIP Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 VIP. Dia akan melakukan PCR swab test dan penapisan kesehatan lainnya sebagai penerapan protokol kesehatan. [cob]