Piala Dunia U-20 Ditunda, FX Rudy Sebut APBD harus Mampu Menopang Perawatan 5 Stadion

Irene

Piala Dunia U-20 Ditunda, FX Rudy Sebut APBD harus Mampu Menopang Perawatan 5 Stadion

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan, penundaan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 menjadi tahun 2023, sedikit banyak membawa keuntungan dan kerugian bagi masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Masyarakat harus menunda keinginan untuk bisa menyaksikan pagelaran sepak bola berkelas dunia hingga 2 tahun ke depan. Sedangkan bagi Pemkot Solo, penundaan tersebut membawa konsekuensi tersendiri. Khususnya untuk perawatan 5 lapangan pendamping Stadion Manahan, yang saat ini sedang dalam proses renovasi. Yakni stadion Sriwedari, Kotta Barat, Banyuanyar, Sriwaru dan Sumber.

“APBD harus bisa menopang perawatan 5 stadion besok. Sampai dengan 2023 itu supaya terjaga kondisi lapangannya, kebersihannya dan keamanannya,” ujar Rudy di Balai Kota Solo, Senin (28/12).

Rudy menyampaikan, meski akan digunakan untuk piala dunia, kelima lapangan pendamping tersebut masih bisa digunakan untuk masyarakat. Namun, lanjut Rudy, sepanjang dilakukan perawatan yang benar, tidak akan ada kerusakan.

Rudy juga berpesan kepada masyarakat Kota Solo dan Indonesia pada umumnya agar tidak terlalu kecewa dengan penundaan piala dunia tersebut. Jangan sampai kekecewaan tersebut justru membuat FIFA mempertimbangkan ulang posisi Indonesia selaku tuan rumah. Dengan pengunduran jadwal piala dunia, Rudy yakin Indonesia akan diuntungkan.

“Besok (kalau diundur tahun 2023) pasti ada penontonnya. Kalau tahun 2021 saya yakin belum ada penonton yang akan datang ke Indonesia. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, dan varian-varian baru yang muncul,” katanya.

Ia berharap warga Kota Solo bisa menerima penundaan penyelenggaraan Piala Dunia-20. Menurutnya, keuntungan juga didapatkan oleh PSSI, karena bisa menyiapkan atlet atau pemain timnas secara lebih matang dengan waktu yang lebih laluasa. Sehingga target keikutsertaan timnas nantinya juga akan lebih maksimal.

Terkait fasilitas lapangan pendukung yang sudah direnovasi, Rudy menjamin tetap dilanjutkan. “Kalau fasilitas tetap dilanjutkan. Tidak mungkin akan diberhentikan,” pungkas dia. [cob]

Next Post

Cegah Penyebaran Covid-19, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Penerbangan Internasional

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 24 Tahun 2020 yang mengatur perjalanan orang dengan transportasi udara selama masa Libur Natal dan Tahun Baru dalam masa Pandemi Covid-19. Aturan yang mengatur syarat kesehatan untuk penerbangan internasional tersebut dikeluarkan untuk mendukung langkah pencegahan penularan Covid-19 khususnya dari luar negeri. […]