Pesan Jokowi di Hari Raya Nyepi: Luruhlah Amarah, Dendam dan Rasa Dengki

Irene

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Hari Nyepi Saka 1943 kepada umat Hindu yang merayakan. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan peringatan Nyepi 2021 untuk merenungkan karunia yang diberikan oleh Sang Pencipta.

“Dalam hening dan sepi, kita menyelam ke lubuk hati, merenungkan karunia hidup dari Sang Pencipta,” tulis Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Minggu (14/3/2021).

Dia berharap melalui renungan itu dapat membuat dendam dan rasa dengki di diri manusia menjadi luruh. Jokowi juga mengajak masyarakat terus beroptimisme.

“Maka meluruhlah amarah, dendam, dan rasa dengki. Dan kita pun bangkit dengan penuh semangat dan optimisme,” kata dia.

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat Hindu di Tanah Air untuk menjadikan Hari Suci Nyepi 2021 sebagai momentum untuk memuliakan alam.

“Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan,” ujar Yaqut di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu 13 Maret 2021.

Dia berharap, umat Hindu dapat menggali makna terdalam dari peringatan Hari Suci Nyepi selama menjalani Catur Brata Penyepian; Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan. Menag Yaqut juga mengajak umat Hindu untuk berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu dalam harmoni menuju Indonesia maju,” ucap Menag.

Reporter: Lizsa Egeham [ray]

Next Post

Hasil UFC: Dan Ige Menang KO Hanya dengan 1 Pukulan

Jakarta, Indonesia — Dan Ige meraih kemenangan KO luar biasa hanya dalam 22 detik saat mengalahkan Gavin Tucker pada duel UFC Vegas 21 di UFC Apex, Las Vegas, Minggu (14/3). Ige hanya butuh satu pukulan untuk mengalahkan Tucker pada duel kelas bulu di UFC Vegas 21. Petarung Amerika Serikat 29 tahun hanya […]