Perluas Ekspansi Jaringan, Grab Buka 3 GrabKitchen Baru di Malang dan Makassar

Irene

Perluas Ekspansi Jaringan, Grab Buka 3 GrabKitchen Baru di Malang dan Makassar

Kabar gembira bagi para pengguna Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara itu baru saja mengumumkan ekspansi jaringan cloud kitchen ke dua kota baru, dengan membuka tiga GrabKitchen di Malang dan Makassar. Perlu diketahui memang jika sekarang ini Grab tengah mengoperasikan jaringan cloud kitchen terbesar di Indonesia yang terdiri dari 48 titik dan cakupan geografis terluas di tujuh kota: Jabodetabek, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Malang, dan juga Makassar.

GrabKitchen sebaga Sarana Pengembangan Bisnis lewat Pemanfaatan Teknologi

GrabKitchen sendiri pertama kali diperkenalkan di ibukota Jakarta pada tahun 2018, di mana mitra merchant dapat memperoleh beragam keuntungan. Tujuannya tentu saja agar bisnis mereka dapat terus dikembangkan dengan biaya dan juga risiko yang lebih rendah. Tak hanya itu, akses langsung untuk menjangkau lebih banyak konsumen lewat pemanfaatan teknologi juga bisa terbuka lebih lebar.

Saat ini, GrabKitchen telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 200 brand di Indonesia yang 60% di antaranya adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Tak hanya itu kemitraan juga telah dijalin dengan deretan brand favorit masyarakat Indonesia, di antaranya SaladStop!; SourSally; Kopi Kenangan; Martabak Pizza Orins; Boga Group. Menariknya, rata-rata mitra merchant GrabKitchen mengalami peningkatan pesanan harian hingga 80% pada bulan pertama bergabung dengan Grab.

Grab menerapkan sistem identifikasi area dan permintaan terhadap hidangan serta brand yang belum memenuhi selera konsumen yang tinggaldan bekerja di daerah tersebut. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan data-data dari aplikasi Grab, seperti riwayat pesanan dan santapan yang sering dicari di GrabFood serta data dari riset konsumen.

Fasilitas Baru di GrabKitchen Makassar dan Malang

©Grab

Ada tiga fasilitas terbaru yang dihadirkan oleh GrabKitchen di Daeng Tata dan Batua, Makassar, serta Tlogomas, Malang. Tujuannya tentu untuk memenuhi selera pasar yang belum terpenuhi dan menghadirkan mitra merchant terpilih dengan kinerja terbaik dalam menyajikan masakan lokal maupun internasional.

Lebih detailnya, ada 11 restoran di GrabKitchen Tlogomas Malang. Di antaranya: Ayam Bakar Taliwang Sasak Tulen; Ayam Geprek Moome; Wings Me; Teman Duduk; Greenly; Mr. M4T; Kebab Bosman; Nasi Goreng 78; Pempek Farina; Pempek Bujang Tuo; dan Batagor Farina.

©Grab

Kemudian ada total 10 merchant makanan dan miniman popular di Makassar siap menghadirkan hidangan khas yang lezat bagi masyarakat di dua GrabKitchen. Konsumen Grab di Daeng Tata dapat melakukan pesanan dari Mastercheese Pizza; Ayam Gepuk Pak Gembus; Big Bananas; Bebek Gazebo; Mama Hot Plate; Rumah Jajanan Makassar; Bebek Goyang Sulawesi ‘Begos’; Queen Fruits; to Ayam Geprek Mercon EB. Sedangkan bagi yang berada di kawasan Batua, nikmati santapan gurih hingga dessert di Nasi Kuning Cinta; Mastercheese Pizza; Mama Hot Plate; Ayam Gepuk Pak Gembus; dan Queen Fruits.

Supaya makin praktis, para pelanggan dapat melakukan pesanan dengan menggunakan All-in-One. Fitur ini bisa mempermudah pelanggan untuk memesan semua menu hidangan dari berbagai mitra merchant di satu lokasi GrabKitchen dan sekaligus menggabungkannya dalam satu pembayaran dan pengiriman. Praktis, bukan?

Regional Head of GrabKitchen, Sai Alluri mengungkapkan jika saat ini konsumen cenderung memesan makanan secara online. Hal ini berarti bisnis F&B akan bisa terus beradaptasi dengan digitalisasi.

“GrabKitchen adalah cara kami memberdayakan usaha lokal berskala kecil dan brand-brand populer di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka secara digital dengan investasi awal yang terbatas. Ekspansi GrabKitchen ke dua kota baru ini memberi mitra merchant solusi tambahan untuk menjangkau pelanggan baru dan memberikan kenyamanan dan lebih banyak pilihan makanan berkualitas tinggi untuk para pengguna Grab,” ujar Sai Alluri, Regional Head of GrabKitchen.

Penghargaan bagi Mitra Merchant GrabKitchen

Mitra merchant GrabKitchen di Indonesia mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Untuk itu, sebagai penghargaan atas hal tersebut, diadakanlah acara penghargaan untuk mengapresiasi mitra yang sukses menunjukkan kreativitas, dedikasi, semangat kewirausahaan serta inovasi maksimal. Tak hanya itu, merchant yang tercatat memiliki penjualan tertinggi dari bulan April sampai Juni di kota masing-masing akan dinobatkan juga dengan sejumlah penghargaan. Sebanyak 16 penghargaan diberikan pada acara yang digelar secara virtual pada Senin, 31 Agustus 2020 lalu.

Semua merchant yang terpilih menjadi nominasi berhak mendapatkan eksposur tambahan di aplikasi Grab lewat kampanye spesial. Termasuk spanduk digital khusus dan tanda khusus pemenang penghargaan pada kemasan makanan mereka.

Pemilik Dailybox bernama Kelvin Subowoo yang terpilih sebagai pemenang Mitra Merchant GrabKitchen Paling Inovatif mengungkapkan kebanggaan. Baginya, GrabKitchen sangat membantu mitra merchantagar bisa terus menghadirkan comfort food pada pelanggan dengan harga terjangkau.

“Kami sangat bersyukur atas kesempatan untuk mengembangkan bisnis kami melalui GrabKitchen dan dapat menggunakan platform ini sebagai sarana uji coba bagi beberapa menu baru yang dirancang berdasarkan tren makanan terkini. Dinobatkan sebagai Mitra Merchant GrabKitchen Paling Inovatif adalah suatu bukti dari kerja keras kami dalam mengembangkan dan menguji beragam resep dan rasa baru guna memberikan pengalaman yang terbaik kepada konsumen kami,” pungkas Kelvin. [tmi]

Next Post

Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Bermodus Koperasi Simpan Pinjam Rugikan Rp 473 Juta

Tim Subdit V Cyber Crime Polda Sulbar menangkap tiga komplotan sindikat penipuan online yang menipu warga Mamuju, Sulawesi Barat, Soleman (60) sebesar Rp 473 juta. Komplotan ini diamankan di Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo dan Dusun Rabesan Desa Alas Tengah Kecamatan Besuk, Probolinggo, Jawa Timur. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) […]