Perempuan Setengah Abad Mengejar Pendidikan

Irene

Ketika masih anak-anak, Shade Ajayi menghabiskan waktunya bekerja di toko sang bibi. Dia tidak bersekolah. Shade Ajayi tidak pernah menginjakkan kaki di ruang kelas sampai berusia paruh baya.

Kini Ajayi menjalankan bisnisnya sendiri. Membuat dan menjual dompet dan tas. Namun, ketidakmampuannya membaca dan menulis, menjadi penghalang terbesar untuk mengembangkan diri.

©REUTERS/Temilade Adelaja

Sekarang di usianya yang ke-50 tahun, pengusaha wanita itu masuk ke ruang kelas. Dia dengan senang hati dan bersemangat belajar membaca dan menulis. Bersama siswa yang hampir empat dekade lebih muda darinya.

Baju seragam dan topi merah muda dikenakannya. Dia bergabung dengan ratusan murid yang berpakaian serupa di Sekolah Tata Bahasa Ilorin. “Saya tidak malu memakai seragam,” katanya seperti dikutip Reuters.

©REUTERS/Temilade Adelaja

Ajayi belajar bersama teman-teman sekelasnya yang usianya jauh lebih muda. Dia tidak merasa malu. Dia mencatat setiap materi pelajaran yang diberikan gurunya.

Semangat Ajayi menggugah sang guru. Tidak herang, Ajayi selalu mendapat bantuan gurunya saat mengikuti kegiatan belajar di ruang kelas.

©REUTERS/Temilade Adelaja

Kini Ajayi bisa membantu cucunya yang berusia 6 tahun, Deborah Adeboye, mengerjakan pekerjaan rumahnya.

©REUTERS/Temilade Adelaja [noe]

Next Post

INFOGRAFIS: Fakta Menarik Masjid Istiqlal