Pendaftaran CPNS Dibuka Bulan Ini, Catat Dokumen yang Perlu Disiapkan

Irene

Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS akan segera dibuka bulan ini April 2021. Sebanyak 1,3 juta formasi akan tersedia bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian PAN-RB @kemenpanrb, Jumat (2/4), rincian jumlah formasi untuk guru PPPK sebanyak 1 juta formasi yang bisa diisi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, lulusan PPG yang tidak mengajar.

Kemudian, formasi untuk PPPK non guru di Pemerintahan daerah seperti di Provinsi/Kota/Kabupaten dibutuhkan 189.000 formasi. Serta 83 ribu formasi untuk PNS.
Rekruitmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan. Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

“Untuk jadwal pelaksanaannya, saat ini tengah disusun oleh Tim Paselnas CASN 2021. Jadi, persiapkan diri kalian dengan baik dari sekarang dan terus pantau media sosial Kementerian PANRB untuk mengetahui informasi terkini,” tulis keterangan di Instagram @kemenpanrb.

Berdasarkan informasi, seleksi akan menggunakan computer assisted test (CAT). Hal itu bertujuan untuk menutup adanya potensi kecurangan dan praktik calo. Nantinya hasil tes dapat dilakukan secara real time, sehingga akuntabel dan transparan.

Adapun pendaftaran dilakukan di laman https://dikdin.bkn.go.id/. Berikut penjelasannya:
Dokumen yang disiapkan, yakni:
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA/Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Next Post

Airlangga Sentil Pengusaha: Tahun Lalu THR Dicicil, Tahun Ini Harus Dibayar Penuh

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto secara khusus meminta komitmen pengusaha menjelang Hari Raya Lebaran untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR). Hal itu diungkapkan saat menerima 24 perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) dari beberapa daerah. “Tahun lalu THR dicicil, saya minta tahun ini dibayar secara penuh. Kita harus […]