Pemkot Jaksel Fasilitasi Vaksin Hewan Milik Warga Terdampak Covid-19

Irene

Pemkot Jaksel Fasilitasi Vaksin Hewan Milik Warga Terdampak Covid-19

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji dan sejumlah warga terdampak COVID-19 memanfaatkan layanan vaksinasi dan pemeriksaan hewan penular rabies secara gratis yang dilaksanakan di Kelurahan Rawa Jati, Pancoran, Sabtu (7/11).

Isnawa mengatakan pemberian vaksinasi untuk hewan penular rabies (HPR) ini merupakan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi dan DPRD DKI Jakarta kepada warga di tengah pandemi COVID-19.

“Di tengah pandemi COVID-19 mohon maaf, kalau mereka harus membawa hewan ke klinik-klinik atau praktek dokter hewan lainnya, mungkin butuh biaya yang lumayan besar. Tapi melalui kegiatan ini kan biayanya 'free', gratis. Bahkan kita datangkan vaksinator dan dokter-dokter hewan yang punya kompetensi untuk melakukan kegiatan seperti ini,” kata Isnawa.

Isnawa hadir didampingi Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jakarta Selatan, Sari Insawa, untuk melihat pelaksanaan vaksinasi rabies yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Keluatan dan Pertanian (Sudin KPKP), sekaligus ikut membawa hewan peliharaannya untuk diperiksa dan diberikan vaksi.

Sudin KPKP Kota Jakarta Selatan berkolaborasi dengan komunitas “Cat Lovers” Kalibata City dan Radhiyan pet n care, mengadakan vaksinasi dan pemeriksaan hewan penular rabies di Kantor Kelurahan Rawajati, Jalan Rawajati Barat, RT 006/RW 004, Rawajati.

Menurut Isnawa, vaksinasi dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar menjaga wilayah DKI Jakarta terus terbebas dari penyakit rabies melalui program Jakarta Bebas Rabies yang sudah dicanangkan sejak 2004 hingga saat ini.

“Ini adalah bentuk dukungan dan perhatian yang luar biasa dari Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta kepada warga masyarakat,” ujar Isnawa.

Kegiatan vaksinasi rabies ini juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Panji Virgianto, Kepala Sudin KPKP Jaksel Hasudungan Sidabolak, Camat Pancoran Rizki Adhari, serta Lurah Rawajati Rudi Budijanto.

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Panji Virgianto menambahkan program Jakarta Bebas Rabies harus berjalan rutin dan juga berkala bagi masyarakat di Jakarta.

Panji menyebutkan sebagai anggota dewan, dirinya akan terus mendukung adanya kegiatan vaksinasi dan pemeriksaan hewan penular rabies di wilayah DKI Jakarta.

“Terus saja dilakukan secara berkala dan terbuka. Bahwa program ini berjalan secara detail,” tutur Panji.

Sementara Kasudin KPKP Jaksel Hasudungan Sidabolak menambahkan, untuk mencapai target 100 persen vaksinasi rabies di wilayah Jakarta Selatan, hingga akhir tahun ini pihaknya secara berkala melaksanakan kegiatan vaksinasi dan pemeriksaan HPR secara gratis di setiap keluarahan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sudin KPKP Jakarta Selatan menargetkan vaksinasi rabies 2020 sebanyak 6.500 ekor hewan peliharaan, hingga akhir Oktober realisasi target tersebut telah mencapai 70 persen.

“Hari ini target vaksinasi untuk 200 hewan peliharaan. Vaksinasi rabies untuk bulan November ini nanti semua kecamatan akan didatangi,” ungkap Hasudungan. [ded]

Next Post

IDI Sultra: 81 Dokter Sembuh Dari Covid-19

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara menyampaikan bahwa 81 di antara 88 dokter, baik spesialis maupun umum, yang terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh dari penularan virus corona jenis baru itu. Wakil Ketua IDI Sultra dr Agus Purwo Hidayat di Kendari, Sabtu (7/11) malam, mengatakan rincian 88 dokter yang terkonfirmasi positif […]