Breaking News in Indonesia

Pemerintah Target Vaksinasi Tahan Kedua Menyasar 1.500 Peserta

Pemerintah Target Vaksinasi Tahan Kedua Menyasar 1.500 Peserta

Pemerintah menggelar vaksinasi tahap kedua hari ini, Rabu (17/2) yang menyasar tenaga pelayanan publik, dengan target 1.500 peserta. Dalam vaksinasi tahap kedua ini, pemerintah untuk tahap awal menyasar para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang sebelumnya sudah mendaftar untuk ikut serta.

“Sudah banyak persiapan dilakukan untuk sosialisasi dan koordinasi termasuk dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), PD Pasar Jaya, Dinas Kesehatan, dan pengelola Pasar Tanah Abang,” kata pihak Kemenkes pada Rabu (17/2).

Penyuntikan vaksin pada hari ini dilaksanakan di dua titik. Pertama di lantai 8 blok A pasar Tanah Abang untuk para pedagang. Lokasi kedua di lantai 12 blok A untuk para pegawai PD Pasar Jaya.

Kelompok prioritas yang masuk dalam vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi sehingga rentan terpapar virus, salah satunya pedagang di Pasar Tanah Abang. Penetapan sasaran vaksinasi ini sesuai dengan roadmap WHO, Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE), dan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Sebelumnya, penyuntikan vaksin pada hari ini dilaksanakan di dua titik. Pertama di lantai 8 blok A pasar Tanah Abang untuk para pedagang. Lokasi kedua di lantai 12 blok A untuk para pegawai PD Pasar Jaya.

“Sebelumnya calon penerima vaksin sudah mendaftar untuk mengikuti vaksinasi ini,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam pernyataannya, Rabu (17/2).

Nantinya pemberian vaksinasi tahap kedua ini dilakukan melalui beberapa cara. Pertama yaitu berbasis faskes, berbasis institusi, vaksinasi massal di tempat, dan vaksinasi massal bergerak, seperti vaksinasi bagi pedagang pasar yang akan dilakukan di pasar.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com [azz]