Peluang Bisnis di Tengah Pandemi

Irene

Peluang Bisnis di Tengah Pandemi

Mewabahnya virus Covid-19 yang sudah berada di Indonesia enam bulan lebih membuat berbagai industri juga ikut terdampak. Ada yang berdampak positif dan ada yang negatif.

Manuputty Bellaetrix seorang mantan pebulu tangkis tunggal putri Indonesia kini juga menantang dirinya terjun ke dunia bisnis. Salah satu yang merasakan dampak positif dari pandemi covid-19 ini.

Dengan latar belakang di bidang bulu tangkis, dan melihat market di sekitarnya bergerak di bulu tangkis, maka ia memutuskan untuk membuka bisnis di bidang peralatan olahraga khususnya bulu tangkis.

“Dari segi omzet, naik sampai 3 kali lipat. Mungkin karena olahraga itu jadi keharusan ya sekarang, olahraga jadi kesehatan kan,” ujar Bella dalam zoom meeting bersama Satgas Penanganan Covid-19. Dikutip dari BNPB, Minggu (4/10).

Sementara itu bisnis di bidang kesehatan dan kecantikan, merasakan dampak negatif dari pandemi ini.

I Gusti Nyoman Darmasaputra sebagai pemilik klinik kecantikan dan skincare, yaitu DNI Skincare, Aura Dermatologi, dan Derma Terra yang berfokus pada produk online turut merasakan dampak pada bisnisnya. Akibat dari pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan di usahanya terutama di klinik kecantikan ketika masa awal pandemi.

Setelah new normal, dia mengakui bisnisnya mulai kembali lagi ke normal, tetapi ada penurunan minat di masyarakat untuk melakukan perawatan yang membutuhkan biaya mahal. Stay at home membuat masyarakat kita memiliki waktu luang lebih banyak dan terjadi perubahan tren konsumsi di masyarakat.

“Hal ini juga yang berdampak pada bisnis produk online. Produk online justru mengalami peningkatan karena ia melihat masyarakat banyak minat pada produk skincare berbasis market online,” ujar Darmasaputra

Sementara itu, seorang influencer sekaligus entrepreneur, Jelita Jae harus memutar otak agar bisnisnya tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Usai melakukan pengamatan terhadap adaptasi masyarakat, akhirnya menghasilkan inovasi baru dari produknya. Salah satunya adalah danke_official sebuah online shop yang berawal dengan jasa titip produk fashion Bangkok, karena pandemi Covid-19 sempat membuatnya terhenti. Berawal dari situ Jelita memutuskan untuk memproduksi produknya sendiri agar bisnisnya tetap berjalan.

Dalam diskusi tersebut, ketiga narasumber juga terus mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, olahraga, menjaga pola makan, dan gaya hidup.

Menggunakan masker juga harus secara tepat, karena masker bisa menekan penularan hingga 50 persen. Pastikan juga agar tidak ada celah di masker dan sebisa mungkin mengganti masker kain yang telah dipakai selama empat jam atau ketika masker dirasa lembap.

Reporter magang: Febby Curie Kurniawan

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak

Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona [ded]

Next Post

9 Bulan Razia, Polres Jayawijaya Kembalikan 180 Motor Hasil Curian

Polres Jayawijaya telah mengembalikan sebanyak 13 unit kendaraan roda dua kepada pemiliknya yang motornya telah dicuri oleh para pelaku kejahatan tindak pindana pencurian kendaraan sepeda motor. Pengembalian itu dilakukan pada Sabtu (3/10) kemarin. Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen mengatakan, motor yang dikembalikannya itu berdasarkan hasil temuan anggotanya saat menggelar razia […]